Menjadi Blogger & Gamer Pro dengan Samsung Galaxy C9 Pro

by - Thursday, October 05, 2017

“The medium is the message.”

Begitulah kalimat tersohor yang ditulis Marshall McLuhan dalam bukunya Understanding Media: The Extension of Man. Menurutnya, media atau medium yang ada di dunia merupakan ekstensi (perpanjangan) dari panca indra yang dimiliki manusia. Lebih jauh lagi, McLuhan berpendapat bahwa pemikiran manusia di masa depan hampir sepenuhnya diperantarai oleh medium elektronik. Dan sekarang, pemikiran tahun 60-an itu telah terbukti. Mengejutkan!

***

Hari ini, siapa yang bisa menggaransi hidup tanpa smartphone? Bagi generasi millennials seperti saya sangat sulit untuk lepas darinya. Ini juga berkat adanya konvergensi teknologi yang menggabungkan teknologi-teknologi yang ada menjadi satu kesatuan yang komplit, dalam hal ini smartphone merupakan gabungan dari teknologi kalkulator, games, camera, broadcasting dan sebagainya. Dengan demikian, sudah tentu smartphone tak lagi hanya sekedar alat komunikasi. 

Menjadi blogger sekaligus gamer membutuhkan amunisi smartphone yang mumpuni. Pasalnya, dalam keseharian aktivitas yang dilakukan berada pada level tinggi. Tidak hanya sebatas update status ataupun berkirim pesan namun juga manajemen konten blog, fotografi, aktivitas multitasking hingga gamming tingkat dewa pun dilakukan. Barangkali ini yang menjadikan alasan mengapa ia perlu mencari ponsel dengan spesifikasi gahar.

Tepat sekali !
Pada bulan April 2017, Samsung Galaxy C9 Pro telah dipasarkan di Indonesia setelah sebelumnya meluncur di pasar Tiongkok dan India. Menarik untuk diulas bagaimana spesifikasi ponsel kelas menengah ini dan kiprahnya untuk membuat saya pro dalam blogger dan gamer nih. Penasaran? Berikut penjelasannya:


Did you know? Samsung Galaxy C9 Pro merupakan ponsel pertama Samsung dengan RAM 6 GB. RAM yang besar ini sudah pasti membuat performa handal bahkan tanpa lag. Untuk kapasitas penyimpanan sebesar 64 GB yang dapat ditambah hingga 256 GB dengan microSD. Semakin bertenaga karena mengusung chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 653, prosesor Octa-core dan prosesor grafis Adreno 510. Sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Experience Bermain Game tanpa Lag

Tidak lengkap jika belum membuktikannya. Maka, dicoba multitasking dengan memainkan beberapa games sekaligus. Mulai dari game ringan hingga game paling berat dapat dibuka bersamaan. Hasilnya semua games ketika di-pause dan di-resume tetap berjalan dengan norma mulus dan tanpa ada cacat.

Jadi, tidak akan ada alasan lagi kalah nge-game karena smarphone ngelag.
Be the Gamer Pro with Samsung Galaxy C9 Pro.
Mantap jiwa!

Fitur Split Screen

Kemudian ada fitur Split Screen yang dapat mengakses dua aplikasi secara bersamaan dengan posisi atas dan bawah. Cocok sekali saya gunakan saat ada undangan blogger live report. Bisa update dua sosial media secara bersamaan dengan mudah tanpa perlu buka tutup aplikasi. Yang bagian atas buat browsing yang bawah buat ngedraft artikel blog. So easy, guys!



Ide-ide liar dan momen langka seringkali muncul tak terduga. Sebagai blogger yang pernah diundang pada sebuah acara misalnya, saya harus cepat mengambil gambar secara sempurna. Jangan sampai kehilangan momen penting yang justru dibutuhkan.

So, menggunakan Samsung Galaxy C9 Pro adalah kebanggaan apalagi dengan aperture f/ 1.9, PDAF, dan dual flash LED. Untuk yang suka selfie ada kamera depan dengan aperture f/1.9 tanpa flash LED. Meskipun demikian, kita masih bisa mengandalkan flash dari layar untuk membuat tampilan muka terlihat terang sekalipun minim cahaya.

Contoh jepretan menggunakan Samsung Galaxy C9 Pro

Keren? Sudah pasti.
Untuk memberikan sentuhan artistik gunakan berbagai filter dan fitur-fitur yang sudah terintegrasi didalamnya. Yang jelas sudah pantas untuk digunakan dalam foto blog ya!

Editing video experience

Untuk masalah video juga tidak ada hambatan. Justru dimudahkan dengan lancarnya membuka aplikasi edit video dan render video yang super cepat. Worth it, buat youtubers gamer atau vloggers!


Hal penting lainnya yang membuat Samsung Galaxy C9 Pro sempurna adalah Displaynya. Bayangkan saja, layarnya menggunakan FHD Super AMOLED 6“ (1920 x 1080px) yang memiliki kombinasi reporduksi warna natural yang akurat (NTSC 100%, Adobe RGB lebih dari 90%) dan contrast ratio 100.000:1 untuk warna yang lebih kaya dan detail seperti aslinya. Bener-bener tajam dan cerah dipandang.

Untuk memastikan kenyamanan mata saat digunakan jangka lama, telah ada tiga mode layar untuk mengatur rentang warna, saturasi dan ketajaman yang disesuaikan untuk penggunaan. Disini user experience sangat diutamakan ya, guys!


Layar yang lebar memang cenderung sulit dioperasikan dengan satu tangan. Untuk mengatasi hal ini, Samsung memberikan mode operasi satu tangan yang bisa digunakan bagi mereka bertangan mungil seperti saya. So, easy!



Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah masalah baterai. Seringkali saya dirempongkan ketika harus membawa charge dan powerbank saat ke kampus ataupun travelling. Pun juga belum tentu menemukan stop kontak. Padahal ada tuntutan untuk segera memposting tulisan di blog dan mengambil gambar sebanyak-banyaknya. Itulah dilema blogger yang sering sekali saya alami.


Menjadi gembira ketika Samsung Galaxy C9 Pro ini dibekali kapasitas baterai 4.000 mAh. Rasanya tak perlu ada kekhawatiran lagi untuk eksis seharian. Ditambah fitur Ultra Power Saving Mode semakin memperpamjang daya baterai. Yang terpenting ada Fast battery charging (Quick charge 3.0) yang awalnya 5% sudah bisa penuh 100% dalam waktu sekitar 1,5 jam saja. Time is money!


  • Always on Screen
  • 4G LTE dengan akses internet kencang berkecepatan LTE Cat6 300/50
  • Sensor Fingerprint , Accelerometer , Proximity , AmbientLight , Gyrosope, Compass
  • USB Interface USB Type-C
  • Wi-Fi Direct
  • Bluetooth Version Bluetooth v4.2
  • Speaker stereo (bawah dan earpiece smartphone)
  • Super tipis dengan tebal 6,9 mm cashing metal
  • Dual SIM, Nano – SIM
  • Tersedia LED notifikasi
  • NFC
  • PC Sync. Smart Switch (PC version)
  • Versi USB USB 2.0
  • Teknologi Lokasi: GPS, Glonass, Beidou
  • Gorilla Glass 5
  • Android v 6.0 Marshmallow , Touchwiz UI
  • ANT+

Karena sedang di Surabaya, saya menyempatkan mampir pada Samsung Experience Store yang terdapat di WTC Surabaya lantai tiga. Seperti namanya, disini bebas mencoba segala produk samsung yang telah tersedia. Sekalian saya juga ingin bertanya lebih jauh tentang produk Samsung Galaxy C9 Pro ini. Beruntung pelayanannya ramah sehingga betah disini.

Penampakan Samsung Experience Store di WTC Surabaya lantai tiga.


Dari sekian banyak produk samsung yang dipamerkan, saya langsung menuju ke Samsung Galaxy C9 Pro. Kebetulan berada dipaling pojok belakang dan yang tersedia disana adalah varian warna hitam. Selain hitam, Samsung C9 Pro juga tersedia varian warna pink gold dan gold.

Pertama kali menyentuh Samsung Galaxy C9 Pro


Dengan segala kelebihannya, tentu pasti ada kekurangan. Bagi saya, ukuran layar yang lebar sedikit menyulitkan untuk ukuran tangan kecil seperti saya. Namun, bodynya yang tipis membuat tetap nyaman saat digenggam. Sebenarnya tidak terlalu mengganggu dan kembali lagi masalah selera. 



Samsung Galaxy C9 Pro merupakan ponsel menengah keatas yang dihadirkan Samsung untuk memberikan best experience to be pro. Smartphone ini juga memiliki keunggulan dalam prosesor, RAM, dan baterai. Performanya yang apik dalam multitasking dan begitu unggul dikelasnya. Sangat worth it !



Dibanderol dengan harga sekitar Rp 6,9 juta, saya rasa sesuai lah dengan spesifikasi yang disuguhkan. Bagi blogger dan gamer atau pecinta multimedia seperti saya, gadget ini layak masuk daftar yang harus dibeli tahun ini. Catat di wishlist, bro!

Jika kalian punya Samsung Galaxy C9 Pro sudah menjadi tanda bahwa kalian siap menjadi seorang yang Pro dibidangnya. Entah itu sebagai blogger, gamer, fotografer hingga film maker semua bisa dengan Samsung Galaxy C9 Pro. Segera kunjungi Samsung Experience Store di kotamu sekarang juga!

Be the Pro with Samsung Galaxy C9 Pro.
See you on top, guys !

12 komentar

  1. Cocok untuk gamer blogger dan profesi lainnya ya mas, keren banget memang ini smartphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat mas hendra, udah nyoba belum nih?

      Delete
  2. ngeri banget reviewnya... good luck brooo

    ReplyDelete
  3. kebetulan lagi nyari HP yang cocok buat ngegame nih, seperti Samsung Galaxy C9 Pro bagus jugaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas banget nih, langsung meluncur aja kak ke Samsung Experience Store buat nyoba-nyoba dulu.. wkwk buktikan!

      Delete
  4. Jadi kangen pake samsung lagi, handphone keren worth it sih sama harganya dan tampilan samsung emang khas banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang mantep bener nih samsung

      Delete
  5. Samsung nggak pernah berhenti buat inovasi ya :)

    ReplyDelete
  6. handphone dan harganya sama cakepnya. salam.ayahbloggerdotcom

    ReplyDelete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
Terima kasih !