53 ISTILAH BARU DALAM PERKULIAHAN WAJIB DIKETAHUI OLEH MAHASISWA BARU !

Istilah Kuliah Bagi Mahasiswa Baru - Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada kalian yang berhasil mendapatkan bangku untuk bisa berkuliah. Saya yakin perjuangan kalian sungguh berat untuk bisa menyingkirkan ribuan siswa lainnya. Namun jangan senang dulu ya, label Mahasiswa merupakan tanggung jawab kalian harus kalian pikul nanti. Nah, langsung saja saya akan berikan 53 Istilah baru dalam perkuliahan yang wajib diketahui oleh mahasiswa baru : 

  1. BEBAN STUDI
    Jumlah satuan kredit semester (SKS) yang wajib diperoleh mahasiswa selama masa studi.
  2. CUTI AKADEMIK Ijin yang diberikan kepada mahasiswa untuk tidak megikuti kegiatan akademik karena alasan tertentu. Cuti akademik dapat diambil dua kali selama masa studi, maksimal dua semester berturut-turut.
  3. DEKAN Dosen di perguruan tinggi yang diangkat dengan tugas khusus mengajar dan mengepalai fakultas.
  4. DOSEN Tenaga pengajar di perguruan tinggi dengan tugas utama mengajar, membimbing, dan atau melatih mahasiswa dalam melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.
  5. Dosen Pembimbing/Penasehat Akademik (PA) Dosen yang bertugas mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah dan jumlah kredit yang akan diambil, sesuai perkembangan studi mahasiswa.
  6. FAKULTAS Unsur pelaksana akademik bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam satu cabang ilmu pengetahuan. Fakultas dipimpin oleh seorang dekan.
  7. GELAR AKADEMIK
    Sebutan profesi yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi. Gelar dicantumkan pada ijasah bersama nama fakultas, program studi dan tanggal lulus.
  8. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
    Nilai keseluruhan mahasiswa dari beban studi yang ia ambil dengan batas minimal 144 SKS. IPK digunakan sebagai predikat kelulusan seorang mahasiswa.
  9. Indeks Prestasi Semester (IPS)
    Tingkat keberhasilan seorang mahasiswa dalam suatu program semester. IP diukur dari jumlah nilai kredit mata kuliah yang diambil, dikalikan dengan bobot masing-masing mata kuliah, dibagi dengan jumlah nilai kredit mata kuliah.
  10. JURUSAN Unsur pelaksanaan fakultas di bidang studi tertentu yang berada di bawah dekan. Jurusan dipimpin oleh ketua jurusan yang dipilih dari dosen dan bertanggung jawab langsung kepada dekan.
  11. KALENDER AKADEMI Jadwal yang disusun oleh rector dalam kurun waktu satu tahun yang memuat waktu penerimaan mahasiswa, masa perkuliahan, ujian, amupun hari-hari libur.
  12. Kartu Rencana Studi (KRS) Kartu isian yang berisi rencana banyaknya SKS yang diprogram untuk semester mendatang. KRS diisi oleh mahasiswa bersama dosen PA setiap awal semester dengan memperhitungkan IP semester sebelumnya.
  13. Kartu Hasil Studi (KHS) Kartu yang memuat hasil studi setiap mahasiswa per semester.
  14. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Kartu yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan registrasi administrasi secara lengkap, berfungsi sebagai tanda bukti bahwa mahasiswa terdaftar pada sebuah perguruan tinggi.
  15. KARYA TULIS Karya ilmiah untuk pelengkap atau penunjang mata kuliah tertentu sebagai pendukung tugas akhir yang berupa skripsi. Lihat juga cara membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar disini.
  16. KEGIATAN KURIKULER Kegiatan akademik yang meliputi kuliah, seminar, diskusi, bimbingan penelitian, praktikum, tugas, maupun belajar mandiri, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Contohnya: kuliah kerja nyata, kerja lapangan.
  17. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER Kegiatan kemahasiswaan yang meliputi penalaran dan keilmuan, minat maupun kegemaran, upaya perbaikan kesejahteraan dan bakti sosial bagi masyarakat.
  18. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kegiatan kurikuler yang dijalankan di luar kampus (di masyarakat) dan diikuti oleh semua mahasiswa.Yuk lihat souvenir vandel marmer untuk KKN yang murah.
  19. KURIKULUM INTI Bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang berlaku secara nasional untuk setiap program studi. Kurikulum tersebut wajib dicapai mahasiswa dalam menyelesaikan program studi.
  20. KURIKULUM LOKAL Bagian dari kurikulum perguruan tinggi yang berhubungan dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan dimana perguruan tinggi berada.
  21. MASA STUDI Jangka waktu penyelesaian beban studi dalam mengikuti proses pendidikan pada suatu program studi tertentu.
  22. Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan pembentukan keahlian, baik untuk kepentingan profesi maupun bahan pengembangan ilmu dan teknologi.
  23. MATA KULIAH PILIHAN Mata kuliah dari kelompok MKK (Mata Kuliah Keahlian) untuk melengkapi keahlian program studi seorang mahasiswa.
  24. Mata Kuliah Umum (MKU) Kelompok bahan kajian dan pelajaran dalam kurikulum program sarjana yang diharapkan bisa membentuk kepribadian dan sikap mahasiswa untuk memasuki kehidupan bermasyarakat.
  25. MATA KULIAH WAJIB Mata kuliah yang membentuk professional seorang lulusan perguruan tinggi yang harus diikuti oleh semua mahasiswa sampai lulus, terdiri dari MKDK dan MKK.
  26. Praktek Kerja Lapangan (PKL) Kegiatan untuk mendapatkan pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi, Secara teknis dilakukan untuk membandingkan teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan yang terjadi di lapangan. Laporan hasil PKL bisa digunakan sebagai bahan penulisan skripsi.
  27. PRAKTIKUM Salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman maupun keterampilan mahasiswa.
  28. PREDIKAT KELULUSAN Pernyataan tentang hasil ujian, terdiri dari tiga tingkat yang dinyatakan alam transkrip akademik:
    • IPK 2,00 – 2,75 = Memuaskan
    • IPK 2,76 – 3,50 = Sangat Memuaskan
    • IPK 3,51 – 4,00 = Cum Laude (Dengan Pujian)
    (Predikat Cum Laude ditentukan dengan masa studi maksimum 3,5 tahun atau 7 semester)
  29. PROGRAM DIPLOMA
    Program khusus non-gelar yang sertifikatnya juga menunjukkan bahwa pemegang punya persyaratan mengajar bidang kependidikan maupun non-kependidikan.
  30. Program Diploma 1 (D1)
    •  Jumlah SKS: 40-50
    •  Lama Studi: 2-4 semester
  31. Program Diploma 2 (D2)
    • Jumlah SKS 80-90
    • Lama Studi: 4-6 semester
  32. Program Diploma 3 (D3)
    • Jumlah SKS: 110-120
    • Lama Studi: 8-14 semester
  33. Program Diploma 4 (D4)
    • Jumlah SKS: 144-160
    • Lama Studi: 8-14 semester
  34. PROGRAM EKSTENSI Program pendidikan berjenjang S1 yang penyelenggaraannya dilakukan di luar kegiatan program reguler, dengan kurikulum yang sama dengan reguler.
  35. PROGRAM SEMESTER PENDEK Program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap. Bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai mata kuliah yang sudah ditempuh, meningkatkan IPK, memperpendek masa studi dan menghindari terjadinya putus studi.
  36. PROGRAM STUDI Kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan atau profesional atas dasar suatu kurikulum.
  37. REKTOR Pimpinan tertinggi di kampus sekaligus pejabat pembantu Menteri Pendidikan. Dalam tugasnya rector dibantu oleh pembantu rector (purek).
    • Purek I: Pembantu Rektor Bidang Administrasi
    • Purek II: Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum
    • Purek III: Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan
    • Purek IV: Pembantu Rektor Bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri
  38. REGISTRASI ADMINISTRASI Kegiatan administratif untuk memperoleh status terdaftar pada program studi yang dipilih untuk satu semester yang akan berjalan.
  39. REGISTRASI AKADEMIK Pendaftaran mahasiswa untuk memperoleh hak ikut kegiatan akademik pada fakultas/jurusan/program studi yang dipilih pada semester yang akan berjalan. Kegiatan akademik tersebut meliputi pengisian dan pengesahan Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian Kartu Perubahan Rencana Studi dan pembatalan mata kuliah.
  40. SANKSI AKADEMIK Hukuman yang dijatuhkan oleh rektor berdasarkan usulan dekan karena pelanggaran akademik kepada seorang mahasiswa.
  41. Satuan Kredit Semester (SKS) Ukuran yang digunakan untuk menentukan besarnya beban studi mahasiswa, keberhasilan usaha kumulatif suatu program tertentu serta menentukan besarnya penyelenggaraan pendidikan (khususnya bagi dosen). Satu SKS meliputi kegiatan pendidikan selama 45-50 menit per minggu.
  42. SEMESTER Satuan waktu kegiatan selama sekitar 13-20 minggu kuliah termasuk 2-3 minggu kegiatan penilaian yang meliputi perkuliahan, ujian, praktikum dan kegiatan laboraturium.
  43. SISTEM KREDIT Cara penyelenggaraan pendidikan yang mengukur beban mahasiswa, beban kerja dosen maupun penyelenggara program dalam satuan kredit.
  44. SIVITAS AKADEMIKA Masyarakat perguruan tinggi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa.
  45. SKRIPSI Karya tulis ilmiah sebagai laporan tugas akhir mahasiswa untuk memperoleh ijasah program S1. Dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa mendapat bimbingan dari dosen pembimbing. Syarat penulisan skripsi yaitu mahasiswa telah menempuh mata kuliah minimal 120 SKS dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,0.
  46. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Biaya pendidikan yang dibayarkan oleh mahasiswa untuk keperluan penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan.
  47. Syarat Menempuh Program Pendidikan Sarjana atau Strata 1 (S1)
    • Jumlah SKS: 144-160
    • Lama Studi: 8-14 semester
  48. Syarat Menempuh Program Doktor atau Strata 3 (S3)
    • Jumlah SKS: 220-223 (minimal 40 SKS setelah menyelesaikan jenjang Magister)
    • Lama Studi: 16-22 Semester
  49. Syarat Menempuh Program Spesialis (SP1):
    • Jumlah SKS: 40-50 SKS
    • Lama Studi: 4-6 semester
    • Peserta sudah menyelesaikan Program D4
  50. Syarat Menempuh Program Spesialis 2 (SP2)
    • Jumlah SKS: 40-50
    • Lama Studi: 4-6 semester
    • Peserta sudah menyelesaikan Program Sp1 dan S2
  51. UJIAN PENDADARANUjian untuk menilai pengetahuan mahasiswa dalam bidang kejuruan sehubungan dengan penerapan ilmu yang telah diperoleh. Syarat ujian tersebut ialah telah lulus semua ujian teori, telah menyelesaikan praktek kerja lapangan (PKL) dan dinyatakan lulus dan telah lulus ujian seminar dan skripsi.
  52. UJIAN SEMINARMenyampaikan hasil penelitian di hadapan forum peserta dalam rangka pembuatan skripsi. Hasil ujian seminar sekaligus untuk perbaikan skripsi. Syaratnya antara lain:
    • Mendaftar dan surat permohonannya ditandatangani dosen pembimbing.
    • Menyerahkan abstraksi seminar kepada dosen pembimbing.
    • Menyerahkan draft naskah skripsi hasil penelitian yang telah disetujui dosen pembimbing.
  53. UJIAN SKRIPSIUjian untuk mempertanggungjawabkan hasil penelitian yang dituangkan dalam skripsi.

sumber: fsmagazine

Tambahan Info seputar Pengertian SKS dan penghitungannya
Setauku sks yang untuk kuliah itu seperti beban atau bobot yang dikenakan pada setiap mata kuliah. 
Beban atau bobot itu = durasi waktu yang harus kita luangkan untuk mata kuliah tersebut, cth seperti ini: 
1 sks = durasi 50 menit untuk suatu mata pelajaran 
2 sks = durasi 2 x 50 menit untuk suatu mata pelajaran 

Jadi contohnya mata kuliah FISIKA memiliki 3 sks, 
jadi dalam 1 minggu aku belajar FISIKA selama: 
- 3 x 50 menit = 150 menit (2,5 jam). 150 menit ada yang dihabiskan dalam 1 hari atau bisa juga 2 hari atau 3 hari. 

Contoh kuliah FISIKA selama 1 hari dalam seminggu: 
- Hari jumat mulai jam 10.00 - 12.30 (150 menit) 
Contoh kuliah FISIKA selama 2 hari dalam seminggu: 
- Hari selasa mulai jam 10.00 - 10.50 (50 menit) 
- Hari kamis mulai jam 09.00 - 10.40 (100 menit) 
Contoh kuliah FISIKA selama 3 hari dalam seminggu: 
- Hari senin mulai jam 10.00 - 10.50 (50 menit) 
- Hari kamis mulai jam 09.00 - 09.50 (50 menit) 
- Hari sabtu mulai jam 11.00 - 11.50 (50 menit) 



Di univ tempatku kuliah 1 semester itu = 14 minggu. Jadi selama 14 minggu, dalam 1 minggu itu aku belajar FISIKA selama 150 menit. Kalo 14 minggu = 14 x 150 menit. 

Setiap mata kuliah SKS-nya beda2. Ada yang cuma 1 SKS, ada yang 2 SKS, paling gede sih 4 SKS. 

Jadi kalo mau ambil mata kuliah aku harus punya jatah SKS dari fakultas, dan jatah SKS tiap semester itu beda tergantung nilaiku. 

Misal pada semester 1 nilaiku (Index Prestasi / IP) = 3,5. Maka aku dapat jatah total 24 SKS untuk semester berikutnya (semester 2). 

Kalo pada semester 2 nilaiku = 2,5. Maka aku dapat jatah total 20 SKS untuk semester berikutnya (semester 3). 

Kalo pada semester 5 nilaiku = 1,1. Maka aku dapat jatah total 14 SKS untuk semester berikutnya (semester 6). 

Semakin rendah nilaiku semakin sedikit SKS yang ku dapat untuk semester depan. 

Kalo pada semester 5 nilaiku = 1,1. Maka aku dapat jatah total 14 SKS untuk semester berikutnya (semester 6). Misal sekarang semester 6 dan aku cuma punya jatah 14 SKS maka aku bisa ngambil mata kuliah cuma dikit, contoh: 
Mata kuliah ku pada semester 6: 
- FISIKA 3 SKS 
- PPKN 2 SKS 
- BIOLOGI 4 SKS 
- INGGRIS 3 SKS 
- KIMIA 2 SKS 
________________ + 

TOTAL = 14 SKS 

Ya udah itu aja mata kuliahku untuk semester 6, padahal aku mau ngambil mata kuliah agama(2 SKS) dan bahasa indonesia(3 SKS), tapi ga bisa dan pasrah karena jatahku gak cukup. Itu yang bisa bikin kuliah jadi lama, karena aku harus nunggu semester depan untuk ngambil 2 mata kuliah tadi, padahal semester depan ada mata kuliah lain yang lebih penting yang harus ku ambil. 


Makanya usahakan dapat nilai bagus supaya bisa dapat jatah SKS yang banyak pada semester berikutnya. Kalo aku cara ngaturnya, jangan ambil mata kuliah yang susah semua dalam 1 semester, tapi disusupi dengan mata kuliah yang lebih mudah untuk dapat nilai tinggi. Trus juga perhatikan mata kuliah yang beralur. 

Trus untuk setiap mata kuliah kan kita akan dikasih nilai, nilainya itu berkisar antara A mpe E. 
A = Baik sekali = 4 poin 
B = Baik = 3 poin 
C = Cukup = 2 poin 
D = Kurang = 1 poin 
E = Kurang sekali = 0 poin 

Jadi misal semester 6 hasil yang kudapat adalah 
- FISIKA dapat A = 3 SKS x 4 = 12 
- PPKN dapat B = 2 SKS x 3 = 6 
- BIOLOGI dapat E = 4 SKS x 0 = 0 
- INGGRIS dapat C = 3 SKS x 2 = 6 
- KIMIA dapat A = 2 SKS x 4 = 8 
____________________________+ 

Total nilai = 12 + 6 + 0 + 6 + 8 =32 

Nilaiku : 
Nilai total dibagi total SKS = 32 dibagi 14 = 2,28 
dengan nilai 2,28 aku dapat jatah 20 SKS untuk semester depan. Pembagian jatah SKS biasanya tergantung tiap2 univ. 




Sumber https://id.answers.yahoo.com/activity/questions?show=K2EFVIKHXHCYHKWBBCWEBR6P6M&t=g
Jangan lupa share info ini agar para mahasiswa baru bisa tau istilah dalam perkuliahan supaya tidak kaget saat kuliah nanti. semoga sukses semua dalam mengenyam pendidikan di bangku universitas.

Inilah Jurusan Kuliah Zaman Now 

Tidak ada komentar

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapat notif balasan
Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya !

Diberdayakan oleh Blogger.