Kreasi Website Galang Dana dengan DomaiNesia

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Kemajuan teknologi sejatinya membangun sebuah peradaban manusia yang lebih maju dalam bingkai kemanusiaan. Jangan sampai terlena dengan semua gemilang kecanggihan teknologi sampai melupakan nurani sosial. Apalagi dewasa ini berbagai permasalahan menimpa saudara-saudara kita yang notabene kurang beruntung dalam hal ekonomi. Bersyukurlah kalian ! Yang saat ini bisa membaca artikel kece ini lewat gadget keren lain, tahukah kalian jika diluar sana masih banyak yang belum memiliki smartphone seperti kalian? Ah... Sudahlah.. Jangan kan handphone, untuk makan aja mereka harus bekerja seharian untuk bisa merasakan sesuap nasi.


Kesulitan biaya pendidikan, mahalnya biaya kesehatan, sulitnya akses air bersih, kemiskinan dan kejombloan adalah sekelumit potret miris kondisi bangsa Indonesia saat ini. Hal tersebut menuntut kita semua untuk sadar bahwa pemanfaatan teknologi harus dapat memberi kemanfaatan bagi sesama manusia. Sudah saatnya kita mengembangkan sebuah website yang dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran bantuan kita.



Kreasikan dan Ciptakan Websitemu dengan DomaiNesia

Berkaitan dengan tema "Kreasikan dan Ciptakan Websitemu dengan DomaiNesia", maka saya ingin sekali menciptakan kreasi website penggalangan dana secara online atau bisa disebut dengan crowdfunding. Sebuah inovasi metode pengumpulan dana ditengah modernitas teknologi. Sehingga, jarak bukan menjadi alasan untuk enggan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. 

Pada tahap awal, saya berencana membangun komunitas crowdfunding ini dalam skala lebih kecil dahulu yakni di Universitas Airlangga. Syukur Alhamdulillah, saya diberikan kesempatan untuk bisa mengenyam bangku perkuliahan di kampus tersebut. Sebuah ide baik harus cepat diimpelemtasikan walaupun sekarang saya masih semester 1. Bukan hal yang aneh jika sejak dini, seorang mahasiswa baru dapat membangun kemanusiaan ditengah lunturnya nilai-nilai kemanusiaan.

Adapun nama website yang ingin saya buat adalah www.senyumairlangga.com. Sebuah website sederhana yang ingin sekali membudayakan tolong menolong sesama keluarga Universitas Airlangga. Dalam website tersebut akan dibagi beberapa divisi penggalangan dana, meliputi bantuan pendidikan, kewirausahaan mahasiswa, bantuan kesehatan dan bencana alam.

Rempongisasi Membuat Website

Untuk merealisasikan sebuah ide memang tidak semudah membalikkan telapan tangan. Dalam membuat website crowdfunding ini, saya bersusah payah mengotak-atik kode HTML. Terlebih lagi, saya terlanjur memakai blogspot yang notabene sangat sulit untuk dikembangkan dalam konteks website penggalangan dana. Alhasil, blog yang saya bikin masih acak adul rapi, bagus, keren dan mantap jiwa. Banyak sekali script-script yang belum dibereskan. Tombol-tombol navigasi dan donasi belum dapat digunakan. Otak saya sudah buntu, mau diapakan lagi. Inilah produk gagal total saya.

Tampilan Website Penggalangan Dana: Senyum Airlangga yang masih perlu banyak pembenahan


Say No To Rempong With DomaiNesia

Cara membuat website sebenarnya tidak susah jika kita sudah tahu rahasianya. Lantas, apa rahasianya? Ternyata adalah DomaiNesia. Sekalipun anda seorang "newbie" dalam dunia perkoddingan seperti saya, bukan merupakan keajaiban dunia jika anda akan dapat membuat website sendiri. Tidak perlu lagi pusing mikirin kode HTML dan CSS Wordpress, karena dengan memakai fitur Instan Deploy maka dengan mudah membuat website dalam hitungan menit. Masih gak percaya ? Yuk Scroll kebawah...




Cara Membuat Website

Berkaitan dengan penyedia domain dan hosting, percayakan saja kepada DomaiNesia. Selain harga terjangkau, perusahaan penyedia layanan domain dan hosting yang berdiri pada tahun 2009 ini, telah melayani lebih dari 20.000 pelanggan dari Indonesia dan mancanegara. Pemilihan penyedia domain dan hosting sangat penting karena menyangkut nantinya perpanjangan pada tahun berikutnya.

Banyak di luar sana yang menawarkan domain dan hosting murah, namun saya sekali tidak tergiur dengan hal itu. Kebanyakan dari penjual domain murah tersebut kabur sehingga sulit dihubungi ketika akan perpanjangan domain, bahkan belum ada satu tahun domain sudah expired. Hal tersebut banyak dialami beberapa teman blogger saya. Pada akhirnya, tidak dapat memperpanjang domainnya. Sungguh sangat disayangkan, padahal blog tersebut sudah punya reputasi bagus di mata google, SERP (Search Engine Result Page), dan punya ranking Alexa bagus tapi sudah tinggal nama saja karena tidak bisa perpanjang domain. Oleh karena itu, saya memilih seller domain yang pasti murah dan pasti aman dimana lagi kalau bukan di DomaiNesia.



Ada beberapa tahapan-tahap untuk membuat website yang yang kece abis. Namun, disini tidak dibutuhkan skill coding, cukup klik-klik dan beres. Simak beberapa tahap pembuatan website dengan DomaiNesia:


2. Tulis nama domain yang kalian inginkan (ex: senyumairlangga.com), setelah itu akan muncul beberapa alternatif pilihan domain seperti .com, .net, .org, .com, .id, co.id, web.id dan my.id.


3. Tanda bulatan hijau tersebut menandakan nama domain masih tersedia belum digunakan oleh orang lain. Setelah nama domain yang kamu inginkan tersedia dan muncul, silakan klik Pesan Paket Hemat sesuai nama domain tersebut.



4. Pilih paket hosting, lokasi server, sikulus biling dan fitur lainnya sesuai dengan keinginan.

5. Klik Masukkan Troli



6. Kemudian tampil troli paket hosting dan domain yang kamu sewa. Dengan menggunakan Paket Hemat tadi maka mendapatkan potongan sebesar 20%. Sungguh murah dan hemat sekali jika dibandingkan yang lain. Untuk melengkapi proses pemesaran, silakan Log In. Jika belum memiliki akun, silakan mendaftar terlebih dahulu dengan klik tombol Daftar. Jika sudah langsung Sign In.


7. Silakan lakukan pembayaran ke nomor rekening DomaiNesia (Bank BCA, MANDIRI atau BNI) dan bisa melalui Paypal / kartu kredit. Setelah itu pesanan kamu akan langsung aktif.

Mudah bukan ? Sekarang hosting dan domain sudah siap, selanjutnya adalah menginstall CMS untuk mengelola konten websitemu. CMS yang akan digunakan adalah WordPress.

Menginstall WordPress Pada cPanel

Lhoh... Kenapa mas kok pakai WordPress?
Sebagian dari kalian pasti bertanya demikian. Saya jelasin lagi, ketika saya menggunakan blogger maka akan berurusan dengan Kode HTML yang membuat pusing tujuh keliling. Oleh karena itu, saya memilih WordPress yang lebih mudah tanpa menyentuh sendikit pun coding. Nah, untuk menginstal WordPress pada cPanel, saya menggunakan Softaculous.

Softaculous adalah aplikasi tambahan pada cPanel yang berfungsi untuk menginstall berbagai macam CMS (WordPress, Drupall, Joomla, Prestashop, dan lain-lain) dengan hanya meng-klik saja.

Berikut ada cara menginstal WordPress pada cPanel dengan Softaculous:

1. Silakan buka email yang digunakan mendaftar di DomaiNesia. Periksa sebuah email baru dari DomaiNesia yang berisi informasi berupa alamat, username dan password yang akan digunakan untuk login ke akun cPanel.



2. Silakan login ke cPanel dengan username dan password dari email tadi. Alamat login ke cPanel biasanya namadomainkamu.com/capnel

4. Setelah berhasil login, silakan tulis Softaculous pada kolom pencarian.

5. Kemudian klik icon Softaculous Apps Installer



6. Silakan klik WordPress untuk menginstallnya.























7. Selanjutnya akan tampil halaman overview seputar WordPress yang menampilkan penjelasan tentang apa itu WordPress, screenhoot, kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk menginstallnya dan lain sebagainya. Silakan klik tombol Install Now untuk memulai proses setup installasi.



8. Lakukan beberapa pengaturan untuk menginstall CMS ini. Pada bagian Software Setup ada Choose Protocol, Choose Domain dan In Directory


9. Berikutnya bagian Site Setting dan Admin Account.
    Site Name; Isikan nama website/blogmu.
    Site Description; Isikan deskripsi websitemu.
    Admin Username; Username yang digunakan saat login ke dashrboard.
    Admin Password; Password yang digunakan saat login ke halaman dashrboard.
    Admin Email; email baru yang akan menjadi milikmu berbasis nama domain.


10. Berikutnya bagian Choose Language. Silakan pilih bahasa yang akan digunakan untuk halaman dashboard.

11. Selanjutnya klik tanda Install.



12. Langkah terakhir adalah menjalankan installasi WordPress yang telah kamu setup. Silakan klik Install untuk memulai proses installasi. Tunggu hingga proses installasi selesai. Jadilah website/blog yang kamu buat tadi.



13. Dan untuk login ke halaman dashboard, silakan buka namadomainkamu.com/wp-admin



Mau Lebih Cepat ? Pilih DomaiNesia

Apa sih yang tidak bisa buat DomaiNesia. Cara yang sudah saya paparkan diatas sebetulkan tidak perlu dilakukan jika kalian membuat hosting dan domain di DomaiNesia. Saya sudah membuktikan sendiri, dengan membeli domain dan hosting di DomaiNesia. Jadi, ketika awal regristasi / pemesanan, pastikan telah mencentang (√) pada bagian Instalasi Otomatis (Web Apps). Sehingga ketika domain sudah aktif, tidak perlu lagi menginstal WordPress pada cPanel.



Alasan Memilih DomaiNesia

Ada banyak sekali alasan mengapa saya memilih domaiNesia sebagai penyedia hosting dan domain langganan pada beberapa blogku lainnya.

1. Ramah dan Fast Respon

Pernah tidak sih, dicuekin gebetan ? Cie.. cie.. Jangan baper. Karena DomaiNesia tidak bakal cuekin kamu, para customer sudah dianggap pacar sendiri #eh. Bahkan meskipun malam hari sekalipun, ketika anda bertanya maka akan tetap dilayani. DomaiNesia selalu mengutamakan Passionate Support yang artinya pelayanan terbaik ke tiap customer sebagai prioritas utama. Bahkan menurut saya fast respon dalam beberapa menit bahkan detik segala curhatan pertanyaanmu akan di bales oleh para mimin-mimin kece. Saya terkadang senyum-senyum sendiri kalau yang bales mimin Adisty #Baper wkwkwk (^_^)



2. Dasboard Client yang Ringan, dan Mudah Dipahami

Sebelum kenal DomaiNesia, dulu saya pakai jasa penyedia domain di tempat lain. Sewaktu buka dasboard client itu berat banget loadingnya, dan banyak menu-menu yang bikin tidak paham. Susah banget dipahami untuk pemula seperti saya. Tapi, ketika beli domain dan hosting didomaiNesia ternyata dasboard clientnya enak dilihat dan mudah dipahami.



3. Adanya Fitur Instant Deploy

Instant Deploy, Fitur eksklusif dari DomaiNesia untuk membuat website, toko online, forum dan lain lain dengan mudah dan instan tanpa harus koding, dengan kemudahan instalasi dalam sekali klik. Disinilah yang paling membedakan antara DomaiNesia dengan yang lain. Mantap Jiwa !



4. Harga Murah Tapi Gak Murahan

Masih mau bandingan harga DomaiNesia dengan yang lain ? Tetap DomaiNesia yang termurah dan segala fasilitasnya. Apalagi semua hosting sudah termasuk Unlimited Bandwith. Bandwidth yang diberikan tanpa batas menjamin kelancaran website, dengan unlimited bandwidth tidak perlu khawatir dengan ledakan pengunjung yang mengakses website anda.Mulai dari Rp 8.000,- per bulan, sudah bisa memesan rumah sendiri di dunia maya.


Kesimpulan

Sebuah ide bagus harus mendapatkan dukungan yang bagus pula terutama dari jasa penjual domain. Sejak awal pembelian domain harus sudah menentukan seller yang terpercaya dan aman karena menyangkut perpanjangan domain kita pada tahun berikut. DomaiNesia hadir dengan pelayanan prima, terpercaya dan aman dalam perpanjangan domain tahun selanjutnya. Hal ini menjadikan para blogger tidak ragu dalam membeli domain di DomaiNesia dengan proses cepat, mudah dan yang aman.



Setelah udah punya domain dan hosting dari DomaiNesia, sekarang bisa dengan mudah bikin website penggalangan dana. Ternyata WordPress ternyata lebih mudah dari blogger. Gak perlu jadi mastah atau pun suhu untuk bisa ciptakan website sendiri. Sekian ulasan artikel yang berjudul Kreasi Website Galang Dana bersama DomaiNesiasemoga menjadi salah satu refrensi para sobat pembaca dalam memilih penyedia domain maupun hosting yang terpercaya.


Tags: cara membuat blog, cara membuat website, domain, domainesia, hosting, hosting domain murah, hosting murah indonesia

5 komentar:

  1. Mantap mas idenya, semoga segera diluncurkan websitenya...
    DomaiNesia boleh juga tuh

    BalasHapus
  2. bisa gak mas, DomaiNesia bikin website beasiswa gitu? thanks

    BalasHapus
  3. baru semester 1 idenya sudah wow banget dik.. kereen..

    BalasHapus
  4. domainesia ternyata juga bisa buat bikin website ya? baru tau, selama ini tau ku cuma buat hosting dan domain

    BalasHapus
Diberdayakan oleh Blogger.