Riaubook: Mengokohkan Eksistensi Riau Kepada Dunia

Kemajuan teknologi dan informasi seyogyanya membawa pengaruh dalam pelbagai sendi kehidupan, tanpa terkecuali media komunikasi. Tentu jarak bukan lagi sebagai penghalang untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik karena dapat dilakukan secara online. Memang media online saat ini menjadi primadona dalam mencari berita dengan cepat dan mudah. Setidaknya informasi yang disampaikan adalah edukatif, bukan berita hoax apalagi adu domba yang dapat memecah belah persatuan bangsa.


Riaubook merupakan media online yang secara konsisten menyajikan konten lokal dipadukan dengan internasional yang dikemas secara apik. Portal kantor berita dengan badan hukum penerbit PT Riau Bukindo Utama (RBU) ini menjadi sebuah pustaka tidak hanya kedaerahan Riau namun juga mencakup nasional bahkan internasional. Inilah yang patut diapresasi karena saat ini masih minim sekali pustaka berita lokal kedaerahan yang ada di Indonesia. Padahal Indonesia kaya akan budaya, sejarah, tradisi, kearifan lokal yang dapat di tulis untuk dikenang anak cucu kita nanti.

Riabook, satu buku online yang berusaha untuk menyajikan kabar dalam bentuk tulisan maupun foto yang sangat informatif sebagai bahan bacaan. Artikel yang disajikan begitu update dengan penyampaian yang ringan mudah dipahami semua kalangan. Pembaca nampaknnya akan betah dengan suguhan konten yang kaya informatif yang sayang untuk tidak dibaca.

Diusianya yang masih berumur dua tahun, nyatanya Riaubook telah sukses merangsek ke jajaran atas website nasional dan empat besar ditingkat Riau. Portal informasi dengan tagline "Pustaka Riau untuk Dunia" ini telah berhasil menempati empat besar di bawah GoRiau.com, Riau24.com dan RiauOnline.co.id. Dengan demikian, Berita Riau yang disajikan tidak kalah dibandingkan portal lainnya. Membanggakan, karena berhasil menyalip sejumlah website berita nasional seperti covesia.com yang berada di posisi 12.124 (nasional) dan 616.479 (global) serta hanya terpaut sekitar 800 dari website ternama antaranews.com.

Menurut pengalaman saya setelah berkunjung ke situs Riaubook dapat disimpulkan beberapa kelebihannya dibanding situs sejenisnya. Berikut saya kelebihannya:

Mudah Ditemukan 

Saya tergopoh-gopoh ketika menulisan "penghasilan youtuber riau" di mesin pencari. Bukan kaget dengan nominal penghasilannya youtuber tersebut, melainkan munculnya Riaubook di puncak pertama pencarian google.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa portal Riaubook memang sudah support Search Engine Optimization (SEO). Dengan mudah ditemukan di mesin pencari, maka akan semakin banyak para pengunjung yang akan mencicipi sajian artikel berkualitas di Riaubook. Selamat mampir di Riaubook, ya !

User Friendly



Hadirnya menu website yang sticky yakni tetap ada diatas meskipun di-scroll kebawah semakin menambah kenyamanan pembaca. Jadi ketika sudah scroll kebawah namun ingin mencari menu tidak perlu scroll ke atas lagi, karena menu tetap tersedia dibagian atas. Selain itu, ada layanan "Cari Judul berita" dibagian sidebar kanan. Tinggal tulis kata kunci berita yang ingin dibaca, maka akan muncul artikel tersebut. Ditambah widget Populer yang memudahkan pembaca mengetahui informasi atau artikel apa yang sedang viral dan banyak dibaca pengunjung.

Ringan Dibuka Di Smartphone



Terkadang begitu menjengkelkan ketika berkunjung ke suatu situs yang loadingnya lama sekali. Belum lagi jika ada iklan pop up yang tidak bisa diclose. Sama sekali membuat pengunjung kapok untuk mampir. Namun Riaubook nyatanya sangat mobile friendly. Diakses melalui smartphone pun tetap mudah digunakan. 

Dengan loading yang ringan maka berpindah-pindah bahan bacaan jadi nyaman tanpa bosan karena menunggu loading yang lama. Sangat leluasa untuk menelusuri detil-detil artikel yang ada. Pengunjung yang menggunakan mobile semakin betah karena situs Riaubook telah teruji mobile-friendly.

Gaya Penulisan

Meskipun kebanyakan beritanya berasal dari Riau bukan berarti harus menggunakan dialek melayu yang ada di Riau. Mengingat para pembaca tidak hanya lokal Riau, maka gaya penulisannya memakai bahasa Indonesia yang mudah dicerna semua kalangan. Artikelnya pun tidak terlalu panjang karena memang segmentasi tipe pembaca online lebih menyukai tipe artikel singkat, padat dan jelas. Setiap artikel dilengkapi foto pendukung untuk memperjelas informasi yang disampaikan.

Go Internasional


Disini Riaubook tidak hanya fokus menyuguhkan artikel kedaerahan dan nasional. Adanya menu Internasional adalah sebagai bentuk kontribusi RiauBook untuk Dunia. Artikel yang dibahas pun sangat update membahas sesuatu yang lagi trend di kancah internasional. Dengan konsep media online, tentu juga artikel yang ada di Riaubook dapat dibaca pengunjung dari seluruh dunia dengan mudah.

Terbukti berdasarkan data dari Alexa.com, Pengunjung berdasarkan asal geografinya tidak hanya berasal dari Indonesia saja. Terdapat juga pengunjung dari Malaysia, Amerika Serikat, Irlandia dan Singapura. Artinya, pengunjung luar negeri juga telah melirik Riaubook sebagai portal berita yang layak untuk diperhitungkan.


Oleh karena itu, tidak ada salahnya menghabiskan waktu berinternet di Riaubook. Selain menjelajahi internet sehat, juga akan menambah khasanah keilmuan dan update informasi terbaru yang dikemas menarik. Selamat nongkrong di portal berita online Riaubook yang buka 24 jam dengan sajian artikel yang enak disantap.


4 komentar:

  1. Memang, berita-berita yang disajikan di riaubook sangat menarik dan sangat up to date.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sering mampir-mampir aja ke Riaubook ya gan

      Hapus
  2. Menurut saya, Riaubook sangat baik untuk perkembangan anak bangsa, jadi bisa semakin cinta tanah air, dan jadi pribadi yang Indonesia Banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, berita keINDONESIAan juga ada, jadi lengkap sekali

      Hapus

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapat notif balasan
Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya !

Diberdayakan oleh Blogger.