KBA Keputih: Mutiara Di Tengah Tumpukan Sampah



Bau busuk semakin menusuk hidung — aroma menyengat tercium setiap tarikan napas selama perjalanan. Ada pemandangan gunung sampah yang membuat mata terbelalak. Tumpukkan sampah yang tak terurus membuat jalanan menjadi kumuh. Begitulah sekilas tentang bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Keputih seperti yang terdapat dalam video berikut:

Namun, tunggu dulu. Ada sebuah kehidupan harmonis nan damai yang berada di sisi selatan bekas TPA Keputih ini. Tepatnya di wilayah kampung Keputih Tegal Timur Baru, terdapat sebuah pemukiman yang masyarakatnya justru bersemangat mengelola lingkungan. Kampung yang dulunya penuh dengan tumpukan sampah sekarang menjadi lingkungan hijau dengan segala fasilitasnya. Ya, kampung binaan tersebut bernama Kampung Berseri Astra Keputih. Kampung Berseri Astra atau bisa disebut KBA Keputih merupakan salah satu kampung binaan astra dari sekitar 30 lokasi yang tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia.



Mutiara Di Tengah Tumpukan Sampah

Sebelumnya, lokasi kampung yang dekat dengan bekas TPA Keputih ini kondisinya memprihatinkan. Sampah berceceran tak terurus, perkampungan yang tidak tertata dan sulitnya mengakses air bersih adalah sekulumit problematika yang dialami warga Keputih Tegal Timur Baru. Bahkan, mereka rela membeli air bersih demi memenuhi kebutuhan sehari-hari karena jaringan PDAM tidak bisa masuk ke kampung.

Perlahan namun pasti, kondisi lingkungan dan kualitas sumber daya manusia semakin berkembang sejak PT Astra International Tbk pada tahun 2012 menjalin kerjasama dengan warga dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). Mindset dan karakter warga mulai berubah yang pada akhirnya KBA Keputih menjadi kampung hijau, hidup dan berprestasi.


Tak ada lagi sampah-sampah yang berserakan di jalanan. Bau-bau sampah tidak lagi tercium. Warna-warna hijau begitu menyegarkan mata ketika masuk kampung ini. Aneka buah dan sayur mayur tumbuh subur di pekarangan warga. Lingkungan yang bersih dan hijau tentu tidak akan terwujud tanpa kerjasama yang baik antara warga, pemerintah, serta korporasi.


Kampung Berseri Astra mewakili empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh Astra, yaitu bidang Pendidikan, lingkungan, Usaha Kecil & Menengah (UKM) dan Kesehatan. Pun hal tersebut juga diimplementasikan di KBA Keputih Surabaya ini.


#1. Pendidikan

Saat berkunjung ke kediaman Tri Priyatno, Koordinator Program KBA Keputih, beliau mengajak saya untuk melihat Rumah Pintar Astra. Bangunannya memang tidak terlalu luas, namun di rumah inilah menjadi pusat berkumpulnya masyarakat. Mulai dari arisan sampai meleraikan warga yang bertikai. Semua dibahas di lantai satu Rumah Pintar Astra sehingga sering disebut dengan Balai Serba Guna. Sedangkan di lantai dua terdapat empat sentra meliputi sentra komputer, sentra permainan, sentra buku, dan sentra jahit / kriya.


"...rumah pintar ini benar-benar pintar,  rembuk warga disini, posyandu balita disini, PKK dan arisan ada disini, hingga menyelesaikan masalah kalau ada yang berkelahi disini," ujar Tri Priyatno dengan gelak tawa.




#2. Lingkungan

Jika biasanya lokasi yang dekat dengan bibir pantai identik dengan gersang dan panas, namun hal berbeda ditemui di KBA Keputih ini. Warna hijau begitu mendominasi sejauh mata memandang. Aneka tanaman hias dan buah-buahan tumbuh subur di depan rumah warga. Terdapat pula kebun Toga dan tanaman markisa yang rencananya akan dijadikan ikon dari kampung ini.


Berbeda dengan dulu, sekarang sampah sudah dikelola dengan baik berkat fasilitas dan pelatihan yang berikan oleh pihak Astra yakni rumah kompos dan bank sampah. Ya, rumah kompos digunakan untuk mendaur ulang sampah organik, sedangkan bank sampah ini sebagai pusat warga mengumpulkan sampah anorganik yang nantinya akan ditukar menjadi uang.


Warga juga tidak lagi kesulitan dalam air bersih karena sudah ada Water Treatment Plant (WTP) untuk kemudahan akses air bersih kepada warga. Ada juga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang sistem kerjanya cukup sederhana yakni memfilter air bekas wudhu yang selanjutnya digunakan untuk menyirami tanaman. 



#3. Kesehatan

Edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan rumah sehat berimbas pada kesehatan warga. Dalam hal ini Astra memberikan bantuan peralatan kesehatan yang khususnya di gunakan untuk Posyandu Balita Keputih Tegal Timur Baru .


"Ada pembinaan-pembinaan, bantuan peralatan dan sebagainya khususnya untuk Posyandu," ujar Tri, Koordinator Program KBA Keputih. Posyandu ini bertempat di Rumah Pintar Astra lantai satu.


#4. Pembinaan UKM atau Income Generating Activity

Penduduk di Keputih Tegal Timur Baru sebagian besar berada di kelas prasejahtera dengan pekerjaan mayoritas adalah buruh harian dan ibu rumah tangga. Oleh karena itu, mereka tubuh pembinaan dan pelatihan dalam meningkatkan skill dan jiwa kewirausahaan. Astra pun kemudian memberikan pembinaan diantaranya UKM Tempe, Sari Kedelai, dan Laundry. Selain itu,  sudah ada pembinaan yang mengembangkan markisa menjadi minuman yang dinamai "Oo Markisa". Namun, Tri Priyatno mengaku akan kesulitan dalam hal pemasaran produknya. Sehingga kedepannya beliau berharap Astra dapat membantu dalam hal pemasaran produk.


"...segala sesuatu sulit untuk pemasaran, karena ini memang inisiatif dari Astra, nanti mungkin akan bekerjasama dengan cabang-cabangnya Astra sehingga produknya bisa dipasarkan di cabang-cabangnya Astra,"  ungkap Tri Priyatno.




Masyarakat Yang Bersahabat

Kekompakan dan jiwa gotong royong yang dimiliki warga kampung Keputih Tegal Timur Baru menjadi salah satu alasan mengapa Astra memilihnya sebagai Kampung Berseri Astra (KBA). Mengingat Program Kampung Berseri Astra multak membutuhkan peran, dukungan dan partisipasi dari warga. Sehingga dalam hal ini, Astra tidak asal memilih lokasi atau desa binaan karena nanti justru program tidak akan berjalan.



"... kampung lain yang harus ikuti kami seperti ini, memang kuncinya ada di kebersamaan warga, gotong royong, karena apa? dari pihak swasta dalam menyalurkan program CSR tidak asal memilih lokasi atau desa ketika warganya tidak mendukung, tentu tidak jalan....," ungkap Tri Priyatno.


Hadirnya Kampung Berseri Astra Keputih menjadi salah satu Inspirasi 60 Tahun Astra terus berkarya untuk Indonesia. Tri Priyatno juga berharap agar desa lain harus terinspirasi dengan KBA Keputih. Suasana guyub rukun dan kekeluargaan yang terasa kental dalam kehidupan kampung harus di contoh kampung lain. Jika ada seseorang menanyakan satu alamat, maka hampir semua warga kampung mengetahuinya. Saya pun tidak kesulitan untuk mencari kediaman Tri Priyatno saat hendak melakukan wawancara.




Segudang Prestasi

Prestasi yang didapat merupakan apresiasi dari upaya dan konsistensi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. Mulai dari tahun 2013 hingga 2016, KBA Keputih tidak pernah absen dalam menyabet penghargaan dalam Surabaya Emas Green & Clean. Jika dulu hanya berkutat pada kategori Pemula namun setelah menjadi KBA, kampung ini naik ke kategori Berkembang, bahkan kini juara di  kategori Maju.


Meskipun demikian, Pihak Astra masih terus memperbaiki dan meningkatkan kerjasama dengan KBA Keputih agar program yang dijalankan benar-benar sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.”




Ikon Surabaya di Tahun 2020

Perencanaan pembangunan dan pengembangan Kampung Keputih Tegal Timur ini dilakukan dalam tiga tahapan. Pada 2013 – 2014 menjadi kampung yang bersih dan asri, pada 2015 – 2016 menjadi pusat wisata edukatif dan pada tahun 2020 menjadi ikon kota Surabaya. 

Menurut penuturan Tri Priyatno, pada awalnya KBA Keputih hanya berfokus di RT 03 dan RT 04, namun kini bertambah satu RT yakni RT 08. Rencananya, di RT 08 tersebut akan direvitalisasi Rumah Jamur yang sebelumnya sudah pernah diimplementasi tetapi kurang maksimal. Selain itu, buah markisa juga akan menjadi ikon dari KBA Keputih. Ketika olahan khas markisa telah diluncurkan, maka akan menjadi industri kreatif yang dapat menginspirasi kota lain untuk memberdayakan sumber daya lokal.

Saya pun bersyukur bisa bertemu langsung dengan Tri Priyatno untuk mengetahui bagaimana seluk beluk dan sepak terjang Astra dalam membangun Kampung Berseri Astra Keputih ini.


Semangat warga di Kampung Keputih Tegal Timur untuk sama-sama membangun Kampung Berseri Astra Keputih yang sehat, cerdas dan produktif menjadi salah satu  Inspirasi 60 Tahun Astra terus berkarya untuk Indonesia.

50 komentar:

  1. Mantap, semoga semakin banyak yang peduli dengan lingkungan sepertimu nizam! teruskan dan lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii Bramastra, terima kasih atas dukungannya, saya hanya seorang blogger yang coba menuliskan salah stu kampung inspirasi yang dapat dicontoh kampung lain, semoga bermanfaat,

      thanks...

      Hapus
  2. Wahh kampung yang satu ini harus dicontoh sama kampung-kampung yg kain nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, semoga makin banyak kampung-kampung inspiratif lainnya di Surabaya

      Hapus
  3. Mantap gan, memang sepatutnya pelestarian lingkungan itu dijaga mulai dari hal yang terkecil di sekitar kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terus sustainable ya

      Hapus
  4. Wah saya sudah pernah baca artikel tentang ini, tadinya sebagai TPA tapi sekarang jadi kampung teladan, keren pokonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, bisa dicontohh pada kampung lain

      Hapus
  5. weh sukolilo kui koyo ngono toh?

    BalasHapus
  6. Wih, keren Kak! Pengen belajar nulis sama kamu :D

    BalasHapus
  7. Artikelnya keren

    BalasHapus
  8. Kampungnya bagus mas, ijo banget lingkungannya. kereennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, warganya mendukung nih

      Hapus
  9. Contoh yg bagus untuk dikembangkan di daerah kumuh perkotaan. Semuanya berbasis partisipasi masyarakat dan lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang sebenarnya fokusnya Astra untuk merubah midset dan kebiasaan masyarakat menjadi lebih baik...

      Hapus
  10. Isu lingkungan memang masih menjadi momok untuk kehidupan sekarang.

    Dan, bersyukur masih ada segelintir orang/komunitas yang tergerak untuk melakukan gerakan perubahan bertema lingkungan ini.

    Good Luck Mas Nizam, so inspiring!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Pakde Zaki, semoga warga keputih tegal timur baru tetap konsisten dalam merawat lingkungan dan Astra terus berkelanjutan dalam melakukan CSR-nya

      Hapus
  11. wahhh ini bener bener oase di tengah gurun yang gersang

    BalasHapus
  12. CSR astra memang terbaik menurut saya, keep post

    BalasHapus
  13. wooohhh,, baru tau kalau ada kampung berseri astraa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, tepatnya di keputih tegal timur baru kalo di surabaya

      Hapus
  14. cocok jadi panutan wilayah lain untuk membangun industri kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga daerah lain juga terinspirasi untuk memberdayakan masyarakat

      Hapus
  15. Penduduk di Keputih Tegal Timur Baru sebagian besar berada di kelas prasejahtera dengan pekerjaan mayoritas adalah buruh harian dan ibu rumah tangga. semoga taraf ekonominya segera meningkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, industri berbasis wisata edukatif KBA keputihh

      Hapus
  16. Inspiring banget perjuangan warga KBA Keputih :) bisa transformasi dari kampung kumuh ke kampung hijau yg bersih, tertata dan asri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mbak,,, semoga semakin maju

      Hapus
  17. thanks infonya gan.mudah-mudahan kampung gue bisa kayak gini.

    BalasHapus
  18. Wah, sudah tertata ya, desanya asri banget, jadi contoh buat desa-desa yang lain, salam Faisol(dot)id

    BalasHapus
  19. Bisa jadi kampung percontohan buat kampung2 lain ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. inspiratif emang ini KBA keputih

      Hapus
  20. Balasan
    1. iya, semoga semakin konsisten memberdayakan masyarakat

      Hapus
  21. Mantap Jaya untuk KBA Keputih... Sangat menginspirasi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kapan-kapan kesana :D nikmati olahan dari markisa

      Hapus
  22. Kreatif dan inspiratif, bisa mnjadi contoh dan patut ditiru

    BalasHapus
  23. Super sekali.. nambah inspirasi terus yak

    BalasHapus

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapat notif balasan
Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya !

Diberdayakan oleh Blogger.