Asa Mendirikan Komunitas Mahasiswa Blogger Bersama DomaiNesia

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama tidak menulis,
ia akan hilang dari masyarakat dan sejarah."
- Pramoedya Ananta Toer


Agaknya menjadi miris ketika minat mahasiswa terhadap menulis masih tergolong rendah. Padahal mereka adalah akademisi, kaum intelektual yang tidak akan diakui kehebatannya tanpa menulis. Masihkah ia enggan untuk menulis jika tidak untuk tugas yang formalitas?

Saya sepakat, menulis adalah sebuah proses meditasi, menata logika berfikir dan menyelaraskan apa yang ada dikepala secara tertulis. Sebab karena itu, menulis butuh latihan dan konsistensi yang dalam hal ini saya latih dalam blog ini.


Sampai pada suatu ketika saya diundang pada acara Ngobrol Bareng MPR RI di Surabaya. Mbak Avy, salah satu koordinator acara tersebut meminta saya mencari untuk mahasiswa yang suka ngeblog.

"Kalau ada teman kuliahmu yang aktif jadi blogger, bisa juga direferensikan. Nanti akan saya seleksi blognya," tulisnya melalui whatsapp. 

Jujur, saat itu saya justru bingung. Berbicara tentang komunitas blogger yang saya ingat hanya emak-emak blogger, blogger perempuan, warung blogger, dan beberapa komunitas blogger berbasis kedaerahan. Sudah tentu sedikit sekali kemungkinan mahasiswa bergabung pada komunitas tersebut.

Pun beberapa event blogger yang saya ikuti jarang bertemu dengan sesama mahasiswa. Dapat saya simpulkan spirit emak-emak dalam ngeblog lebih menggelora dibanding mahasiswa itu sendiri.

Dari pengalaman tersebut, terjadi pergulatan batin dalam mencari mahasiswa blogger.


"Sebenarnya, apakah memang jarang ditemui mahasiswa yang suka ngeblog?" 

"Atau saya saja yang kurang teliti dalam mencarinya?"


Entahlah, yang jelas selama saya menjadi mahasiswa sekaligus blogger belum pernah tergabung pada satu komunitas yang isinya literally mahasiswa doyan ngeblog. Mahasiswa yang rela menghabiskan waktunya untuk blog.

Mendatangi kafe, memesan secangkir kopi, bertanya pasword wifi kemudian menulis pada blog pribadi. Sungguh langka!

Setelah melalui kontemplasi panjang, saya terinspirasi membentuk komunitas mahasiswa blogger yang bernama "KOS BLOGGER". Harapannya, agar semakin bermunculan para mahasiswa yang punya spirit dalam menulis terutama pada blognya.

Logo sederhana yang masih perlu disempurnakan

Bagi saya, nama yang dipilih tersebut cukup kuat dalam branding mahasiswa yang notabene identik dengan kos-kosan. Apalagi ini sangat cocok dengan tema yang diberikan yaitu "Seribu Satu Cerita Bersama DomaiNesia". Menjadi pas jika saya menceritakan bagaimana mahasiswa blogger itu sendiri.


Mahasiswa tidak hanya punya seribu satu cerita, namun jutaan cerita yang dapat dituliskan untuk dibaca dunia. Tidak melulu tentang pergerakan mahasiswa, namun juga keseharian yang punya makna kehidupan.

Melalui menulis diharapkan menebar virus kemanfaatan dan budaya literasi media yang baik. Bergabung dengan Komunitas Blogger Mahasiswa akan membangun sinergi hebat tanpa memandang warna almamater.


Lantas, apa menariknya bergabung pada komunitas ini?

Pertama, saling support. Saya ingin kegiatan ngeblog jangan dipersulit. Diperlukan juga saling memotivasi agar semangat ngeblog tidak mudah luntur. Bagi mahasiswa yang belum bisa membuat website sendiri, tidak perlu khawatir karena komunitas ini siap membantu dalam membuatkan secara instan dan cepat. Tentunya website yang diberikan sudah termasuk hosting untuk pemula.

Kedua, berbagi job. Bila ada job-job yang membutuhkan para mahasiswa blogger akan diinfokan secara online. Sehingga yang biasanya akhir bulan makan mie instan, sedikit lebih tobat akibat dapat fee ngeblog.

Ketiga, menggelar meet up alias kopdar. Tidak hanya berinteraksi secara online, namun juga perlu ada kopi darat (kopdar) agar masing-masing saling mengenal secara dekat. Tentu disesuaikan dengan lokasi dan kampus masing-masing. Kopdar ini bisa diwujudkan dengan sharing pengalaman ngeblog dan berdiskusi satu sama lain terkait dunia per-blogging-an.

A post shared by khoirun_nizam (@nizambl) on

Keempat, membuat event nasional. Tentu jika komunitas ini nantinya sudah berjalan, perlu ada reward untuk para anggotanya dengan menggelar event nasional. Untuk konsep acara mungkin semacam kegitan traveling bersama dan hasilnya ditulis dalam blog. Tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah.

Kelima, menjalin partnership. Untuk semakin melebarkan sayap perlu membangun kemitraan dengan semua pihak atau stakeholder. Dalam hal ini perlu kerjasama dengan penyediaan domain dan hosting seperti DomaiNesia, komunitas pegiat literasi, masyarakat anti hoaks, hingga pemerintah. Harapannya agar mereka semakin awareness dengan komunitas kami dan saling mendukung satu sama lain.

Oke, konsep udah matang. Selanjutnya adalah masalah platform komunitas. Sekalipun blog ini menggunakan blogspot, sejujurnya ada banyak kelemahan yang ada di blogspot itu sendiri. Terutama berkaitan dengan fitur-fitur dan proses edit HTML yang menyulitkan bagi pemula.

Pada kotak merah tersebut ingin diisi sekali klik, tapi nyatanya tidak bisa

Saya sendiri pernah menggunakan platform gratisan (blogspot) dalam membuat sebuah komunitas peduli penyadang disabilitas. Namun karena sulit dalam bahasa pemrograman, akhirnya website tersebut kurang berjalan. Pun tampilan user interface pada blogspot sendiri kurang bisa dimodifikasi secara bebas sehingga terkesan kaku.

Bersama DomaiNesia, saya ingin platform komunitas ini menggunakan platfrom WordPress yang lebih fleksibel dengan ragam plugin tersedia. Domain dan hosting saya percayakan pada DomaiNesia yang memiliki segudang keunggulan. Berdiri sejak 2009, telah melayani lebih dari 32.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Oleh karena itu sudah terbukti dalam hal pelayanan dan kualitas hosting yang diberikan.


Memilih penyedia domain dan hosting yang tepat sangat penting karena menyangkut perpanjangan pada tahun berikutnya. Sehingga dalam hal ini saya percayakan pada DomaiNesia.

Pembaca juga perlu waspada dan jangan mudah tergiur dengan oknum di luar sana yang menawarkan domain dan hosting murah. Beberapa teman blogger saya sering mengalami kasus penjual domain dan hosting kabur ketika akan perpanjangan domain. Bahkan belum ada satu tahun domain sudah expired.

Sungguh sangat disayangkan. Blog yang sudah punya reputasi bagus seperti DA PA tinggi namun sudah tinggal nama saja karena tidak bisa memperpanjang domain dan hosting. Oleh karena itu, dari awal saya memilih seller domain dan penyedia hostingan yang murah, terpercaya dan terjamin. Dan jawabannya adalah DomaiNesia.

1. Ramah dan Fast Respon
DomaiNesia selalu mengutamakan Passionate Support yang artinya pelayanan terbaik ke tiap customer sebagai prioritas utama. Garansi Uang Kembali diberikan apabila anda kurang puas dengan layanan kami. Customer adalah raja, begitulah yang hendak disampaikan pihak DomaiNesia.

2.Adanya Fitur Instant Deploy

DomaiNesia memiliki sebuah fitur yang memudahkan anda dalam pembuatan website website, toko online, forum dan lain lain. Tanpa harus perlu koding, fitur eksklusif dari DomaiNesia membuat kemudahan instalasi dalam sekali klik. Disinilah yang paling membedakan antara DomaiNesia dengan yang lain.

3. Cloud Backup
Backup harian ke Cloud untuk menghindari hilangnya data penting dari suatu website dari ancaman cybercrime, human error, atau beberapa faktor lain seperti bencana alam, kerusakan hardware dan lain-lain. Ketika backup data telah dilakukan, DomaiNesia memberikan fitur Restore Data.

4. Harga Murah dan Banyak Pilihan
Masih mau bandingan harga DomaiNesia dengan yang lain? Bagi saya tetap DomaiNesia yang termurah dengan spesifikasi dan keunggulan yang disuguhkan. Apalagi semua hosting sudah termasuk Unlimited Bandwith. Tidak perlu khawatir website down karena ledakan pengunjung yang mengakses website.

5. SSD Super Cepat
Hosting di DomaiNesia menggunakan Node/ Hypervisor Dual Intel Xeon E5, Minimum 64GB ECC Registered Memory, 100% Enterprise SSD dengan RAID yang akan meningkatkan performa website. Jangan heran jika loading website menjadi super cepat dan stabil.


Sudah mantap memilih DomaiNesia sebagai awal ceritamu?
Sekarang, mari kita membuat website dengan mudah bersama DomaiNesia.
Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pilih Domain dan Hosting di DomaiNesia
Pikirkan dulu nama website yang ingin dibuat. Selanjutnya adalah memilih domain dan hosting yang dibutuhkan. Buka website DomaiNesia kemudian tulis "nama domain" dan pilih ekstensi domain yang diinginkan.


Seperti pada gambar diatas, akan muncul beberapa domain yang tersedia. Saya memilih kosblogger.net karena dirasa paling pas untuk website komunitas ini. Selanjutnya klik pesan paket hemat.

DomaiNesia sendiri menyediakan ragam paket hosting yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kantong. Mulai dari Rp 8.000/bulan hingga Rp 64.000/bulan pun ada.
Komunitas kami memilih Paket Lite karena dirasa cukup untuk tahap awal pembuatan website. Bila nantinya butuh space yang lebih banyak maka bisa dilakukan upgrade hosting.

Lokasi server dipilih Indonesia karena target visitor adalah masyarakat Indonesia.
Jangan lupa untuk mencentang DNS Zone Manager karena itu diberikan DomaiNesia secara gratis.

2. Gunakan Fitur Instant Deploy
Kelebihan membuat website di DomaiNesia itu adalah cepat dan mudah dengan fitur Instant Deploy. Fitur eksklusif tersebut memudahkan semua orang sekalipun pemula dalam membuat website secara instan tanpa harus punya basic koding. Bagi orang awam dalam dunia blogging dapat termudahkan dengan fitur ini.
DomaiNesia memberikan kemudahan instalasi aplikasi favorit hanya dengan sekali klik centang pada Instalasi Otomatis (Web Apps) secara gratis. Dalam hal ini saya memilih WordPress. Beberapa keunggulan dari WordPress itu sendiri yaitu mudah digunakan, stabil, simple namun fleksibel, support plugin, support widget, dan digunakan hampir seluruh masyarakat diseluruh dunia.

Kemudian klik Masukkan Troli untuk proses pembayaran. Karena kita memilih Paket Hemat maka mendapat potongan hosting 20% selamanya.
Berikan tanda centang Saya telah membaca, memahami, dan menyetujui Terms of Service, kemudian klik selesaikan & bayar.

3. Lakukan Pembayaran
Contoh invoice DomaiNesia

Ada beragam metode pembayaran yang bisa digunakan, mulai dari Bank Mandiri, BCA, BNI, Mastercad,VISA, PayPal dan virtual account lainnya. Mengingat saya pengguna BNI maka saya memilih transfer ke BNI sehingga dalam pembayaran tidak dikenakan biaya transfer antar bank.
Ragam metode pembayaran yang disediakan

Sebenarnya invoice tersebut aktif selama seminggu. Namun sebaiknya lakukan proses pembayaran dengan segera untuk menghindari interupsi terhadap layanan. Pastikan juga nominal transfer sesuai dengan nominal yang tertera pada invoice. Jangan lupa masukkan berita transfer agar konfirmasi pembayaran secara otomatis.

Bukti pembayaran sudah diverifikasi
Setelah proses pembayaran, verifikasi pembayaran sukses dalam hitungan menit bahkan tidak sampai 5 menit. Pada email terdapat informasi penting acount hosting (informasi cPanel dan sebagainya) dan ucapan selamat karena instalasi WordPress dengan Instant Deploy sudah berhasil.

Untuk memastikan apakah website kita sudah benar-benar aktif atau belum dapat dilihat pada akun https://my.domainesia.com/.
Jika statusnya sudah aktif maka selanjutnya buka link website yang sudah dipesan. Pada website tersebut akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Dikarenakan kita sudah menggunakan Instant Deploy maka tidak perlu login ke admin cPanel untuk menginstal aplikasi WordPress. Kita tinggal memilih tampilan website atau template yang diinginkan. Tenang saja, template bisa diganti dengan sesuka hati atau memiliki template sendiri.

Setelah memasang template selanjutnya akan diarahkan untuk login ke admin panel. Isi username atau email dan pasword untuk login ke dashbord.


Setelah sukses, halaman admin panel atau dasbord akan terbuka. Saatnya bebas mengelola admin panel WordPess. Kegitan posting artikel sudah bisa dilakukan. Kita juga dapat mengelola user, setting wordpress, menginstal plungin hingga mengatur tampilan wordpress agar semakin profesional dan menarik.

Mudah sekali, bukan?
Ucapkan selamat tinggal pada orang yang mengatakan "membuat website itu susah". Nyatanya di DomaiNesia semua orang bisa membuat website tanpa perlu punya basic IT atau paham bahasa pemrograman.

Penasaran hasil website kos blogger yang telah saya buat bersama DomaiNesia? Langsung kunjungi http://kosblogger.net/ dan jika pembaca adalah mahasiswa aktif maka dapat mendaftar pada website tersebut.  Mari rapatkan barisan, kawan. Hidup mahasiswa!

Jadi, apakah kalian ingin membuat website sendiri seperti saya?

Yang jelas percayakan domain dan hosting pada DomaiNesia. Proses membuat website yang mudah, harga murah dan pelayanan ramah membuat semua orang punya cerita di dunia maya. Bersama DomaiNesia, mari bercerita pada dunia.

Baca juga: Jurusan Kuliah Zaman Now

Keep writting never ending! Salam kos.

***

Punya cerita menarik bersama DomaiNesia?
Boleh ditulis di kolom komentar ya...

Tags: domainesia, domain, hosting, hosting domain murah, hosting murah indonesia, cara membuat blog, cara membuat website.

24 komentar:

  1. Wahh keren idenya. Saya mendukung!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba supportnya, semoga makin banyak yang gabung di komunitas ini...

      Hapus
  2. Bagus nihhh, boleh dicoba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, udah pernah beli hosting dan domain di DomaiNesia belum mas?

      Hapus
  3. Domainesia joss. Pelayanan cs juga oke. Saya sdah pernah order .net tahun kmarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, respon cs cepet dan harganya murah..

      Hapus
  4. Ikkk keceee bangeeet. . Aku barusan beli domain di domainesia jugaaa. . Cepet dan responnya memuaskaan. . Mampr ke rumah baru aku yaa www.lucky-caesar.com ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya nih mahasiswa blogger juga nih mbak Lucky, senior pulak. hehe.. btw, blognya ganti nama ya berarti?

      Hapus
  5. Sebenarnya mahasiswa sekarang tu lebih enak lho.. jaman aku dulu..masih harus ke warnet untuk dpt akses internet. Paling browsing klo lagi ada tugas aja.

    Harusnya banyak yang ngeblog yaa..

    Tapi mungkin karena menulis itu lebih butuh waktu, jadi pada males.

    Padahal aslinya nyenengin yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mbak, perlu disemangatin nih. Ya bukan tidak ada waktu, tapi harus pandai manajemen waktu aja sih...

      Hapus
  6. Wihh keren bgt kak. Bikin aku lebih semangat lagi 😊 walaupun aku jarang nulis artikel karna kesibukan kerja sambil kuliah. Motivasi dri kk bikin saya lebih semangat lagi utk ngeblog 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip sip, semangat nulis ya, udah punya blog, kan?

      Hapus
  7. gw nggk kuliah tapi gw pengen bisa nulis hahaha, kalau pengen abadi ya menulis, menulis itu berbagi - tere liye hahahaha

    saya juga pernah pesen domain disana, responnya bagus. tapi sayang nggk sempet perpanjang dan kena ambil orang hehe.

    keep blogging bro, mampir ke blog saya yang masih minim konten hehe - yudhistiramawardi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, iya mas, keep writing never ending pokoknya, saya akan mampir ke blog mas.. Semangaat ya

      Hapus
  8. Wah keren kimunitasnya Mass.
    Domenasia ini juga taknkalah keren. Kita bisa bikin web jualan juga kan yah hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, mbak ajek bisa mengkreasikan website sesuka hati

      Hapus
  9. Bagi saya, yang paling seru itu adalah saat kopdar bareng blogger. Bisa berbagi pengalaman dan banyak teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saling sharing dan bertukar pengalaman secara langsung (tatap muka)

      Hapus
  10. kapan ngomongin blogger kota kelahiran?hhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, ayo ayo, sudah banyak sih sebenarnya

      Hapus

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapat notif balasan
Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya !

Diberdayakan oleh Blogger.