Tips Membuat Suasana Kamar Menjadi Tenang

Apa yang paling penting di dalam sebuah hunian? Tentu kamar tidur.

Area kamar tidur merupakan area terpenting dalam sebuah hunian dikarenakan fungsinya sebagai tempat melepas kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Kamar tidur juga dapat dikatakan sebagai tempat ter-privat untuk melakukan aktivitas pribadi yang minim distraksi dari orang-orang. 


Fungsinya yang bertambah menjadi area beraktivitas membuat desain kamar tidur sekarang berkembang yang awalnya mungkin hanya ada sebuah kasur, sebuah lemari, dan sebuah meja kecil. Beragam furnitur dan pernak-pernik ditempatkan pada interior kamar untuk menjadi lebih menarik dan multifungsi.

Meskipun dianggap menarik dan multifungsi bahkan mungkin instagrammable, terkadang esensi dari fungsinya yaitu tempat beristirahat justru malah dikesampingkan. Alhasil, aktivitas produktif atau non-produktif yang bersifat bukan istirahat banyak dilakukan di kamar tidur. 

Tidak sedikit pemilik hunian yang memiliki desain kamar tidur indah namun tidak memiliki kualitas beristirahat yang baik dikarenakan telalu aktif di saat 'harus' istirahat. Mulai dari ketidak tenangan jiwa hingga insomnia pun dialami.

Tentunya, untuk meminimalkan hal-hal yang tidak seharusnya mengganggu esensi beristirahat, kamar tidur harus didesain senyaman dan sesempurna mungkin untuk menunjang ketenangan baik sebelum, saat, atau sesudah beristirahat.

Tertarik untuk membuat suasana kamar kalian menjadi tenang? Yuk ikuti tips-tips di bawah ini

Minimalkan Penggunaan Cahaya
Pencahayaan yang tidak terlalu terang atau redup dapat membantu kalian dalam menemukan suasana tenang untuk tidur setiap malamnya. Jika kalian memiliki aktivitas yang sering dilakukan di kamar tidur kalian seperti bekerja, membaca dan sebagainya, sebaiknya pergunakan lampu khusus di sudut-sudut tempat anda melakukan aktivitas. Bila lokasi kamar tidur berdekatan dengan wilayah luar rumah kalian, upayakan untuk memasukkan penerangan alami dari matahari untuk membuat kesan hangat pada kamar tidur. 

Pilih Warna Cat yang Hangat
Warna cat lembut seperti warna monokrom, biru navy, atau warna-warna gelap lainnya dapat anda pilih untuk memberikan kesan hangat dan tenang. Jika konsep kamar tidur kalian harus terang seperti ruang tamu dan keluarga, upayakan untuk meredam pencahayaan pada lampunya. 

Gunakan Kasur yang Tidak Terlalu Empuk
Jangan salah, kasur yang cenderung keras justru lebih baik dalam menghasilkan kualitas tidur yang sangat baik. Bahkan sangat cocok untuk menghilangkan rasa pegal setelah beraktivitas penuh sehari-harinya. Lapisi kasur kalian dengan seprei yang bersih serta selimut yang tebal guna memaksimalkan kualitas beristirahat kalian. Serta pergunakan bantal dan guling yang empuk untuk menghadirkan rasa kenyamanan.

Merapikan Kamar Tidur
Salah satu indikator dalam membuat kamar yang bersuasana tenang adalah kerapihan kamar tidur. Pasalnya, sekalipun perangkat tidur kalian terbaik tetapi dicemari oleh ketidak rapihan, rasa tidak nyaman akan menjauh saat beristirahat.

Percaya atau tidak suasana tenang yang hadir dari kamar yang rapi juga meningkatkan permintaan dari hunian tersebut, dalam hal ini khusus kalian yang menekuni bisnis sewa hunian, baik sewa apartemen atau rumah per hari pada platform akomodasi penginapan. Calon konsumen tentu akan lebih memilih area kamar tidur yang rapi.

Gunakan aromaterapi
Salah satu cara modern untuk menimbulkan ketenangan dalam kamar tidur adalah dengan menggunakan aromaterapi. Selain mengharumkan ruangan, aromaterapi juga dapat membuat pikiran sang penghuni menjadi rileks sebelum, saat, dan sesudah beristirahat. Perlu dicatat, aroma terapi tidak hanya hadir dari asap minyak atau lilin yang dipanaskan menggunakan api. Kalian juga bisa mendapatkan aromaterapi dari seiikat bunga yang mengeluarkan aroma harum atau dengan aromaterapi berbentuk gel.

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Salam sukses selalu untukmu! Jangan bosan mampir di blog ini.

Diberdayakan oleh Blogger.