Penyebab Wajah Kusam dan Berminyak, Apa Saja Ya?

Ngomongin urusan penampilan, sudah pasti semua orang ingin selalu tampil maksimal. Tapi, gimana kalau wajah kusam dan berminyak datang tanpa diundang? Wajah kusam pasti terasa tidak enak. Selain mudah berminyak, kulit wajah kusam menjadi tempat tumbuhnya jerawat. Maka, kebutuhan akan sabun muka pria yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat harus digunakan setidaknya dua kali sehari. Pembersih wajah oil control seperti Nivea for Men, menjadi pilihan terbaik. 
Meski sudah menggunakan pembersih wajah oil control namun kulit tetap berminyak dan tampak kusam, pasti ada penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab wajah kusam dan berminyak, seperti:
  • Wajah kusam dapat disebabkan oleh eksposur sinar matahari. Apalagi sesudah itu Anda terkena cuaca dingin, pasti akan menghilangkan kelembaban kulit wajah esensial.
  • Ketika bermasalah dengan wajah berminyak dan berjerawat, Anda pasti akan sesegera mungkin mencari produk perawatan wajah. Sayangnya, tidak semua produk perawatan bisa memberikan hasil terbaik, dan malah sebaliknya. Tentu produk perawatan yang salah membuat wajah Anda lebih kusam, berminyak, dan timbul banyak jerawat.
  • Gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat. Salah satu penyebab kenapa jerawat mudah muncul adalah tekanan mental, seperti stress, yang memengaruhi organ internal yang tampak pada kulit.
  • Wajah kusam dan berminyak pun bisa disebabkan oleh penggunaan sabun wajah yang tidak tepat. Atau, bisa diakibatkan terlalu sering menggunakan sabun dan menggosokan tangan terlalu kasar ke wajah. Cara tersebut akan menghilangkan kelembaban kulit alami dan membuat kulit kering, kemudian berminyak.
  • Jika Anda sering mandi menggunakan air panas, sebaiknya dikurangi. Pasalnya, mandi ari hangat atau mengusap air hangat ke wajah membuat kelembaban akan hilang dan wajah tampak kering dan mudah keriput.
  • Polusi udara dan debu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan jerawat mudah muncul di wajah. Kotoran akan menyumbat ke pori-pori wajah dan membuat jumlah bakteri meningkat.
  • Konsumsi makanan berlemak pun memicu produksi minyak di wajah. Selain itu, kurangnya konsumsi buah-buahan dan air putih membuat vitamin dan mineral tidak bisa diperoleh kulit wajah. 
Mengatasi wajah kusam dan berminyak tidak cukup dengan menggunakan sabun muka pria yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat saja. Konsumsi buah-buahan, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, dan menghindari faktor adalah cara terbaik mendapatkan kulit wajah idaman. Yang terpenting juga nih, jangan mudah stress karena percaya atau tidak jika pikiran turut berpengaruh ke kesehatan.

1 komentar:

  1. Waaahhh paling suka baca tulisan perawatan dari kaum pria, secaraaa, yang namanya perawatan selalu identik ama wanita, padahal pria juga butuh loh, minimal kulit wajah bersih.

    Nivea juga dipakai ama suami saya loh, cocok banget pakai Nivea, secara beliau kerjanya di lapangan heheheh :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Salam sukses selalu untukmu! Jangan bosan mampir di blog ini.

Diberdayakan oleh Blogger.