JANGAN BERSEDIH KETIKA JUJUR DAPAT NILAI JELEK ! LA TANZA

JUJUR adalah kata yang mudah diucap, namun sulit untuk didapat. Kejujuran seseorang akan menentukan gerak langkahnya dalam meniti jalan hidup untuk menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat. Jujur adalah sumber segala kebaikan, sedangkan dusta adalah sumber segala malapetaka. Ketika seseorang telah berbuat jujur terhadap sesamanya, maka akan banyak orang merasa diuntungkan olehnya. Tetapi jika seseorang telah berbuat dusta, maka ribuan orang akan merasa dirugikan olehnya. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap bencana dusta, karena Rasulullah Saw. telah mengingatkan lewat sabdanya.



"Hendaklah kamu selalu berbuat jujur, sebab kejujuran membimbing ke arah kebajikan, dan kebajikan membimbing ke arah surga. Tiada henti-hentinya seseorang berbuat jujur dan bersungguh-sungguh dalam melakukan kejujuran sehingga dia ditulis di sisi Allah sebagai orang jujur. Dan hindarilah perbuatan dusta. Sebab dusta membimbing ke arah kejelekan. Dan kejelekan membimbing ke arah neraka. Tiada henti-hentinya seseorang berbuat dusta dan bersungguh-sungguh dalam melakukan dusta sehingga dia ditulis di sisi Allah sebagai pendusta." (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain, Ali bin Abi Thalib berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya di surga ada kamar-kamar yang terlihat bagian luarnya dari dalamnya, dan bagian dalamnya dari luarnya." Kemudian seorang dusun berdiri dan berkata, "Ya Rasulallah, bagi siapakah kamar-kamar itu?" Rasulullah Saw. menjawab: "Bagi orang yang baik tutur katanya dan suka memberi makan kepada orang lain, terus berpuasa serta shalat di waktu malam ketika orang-orang sedang tidur." (H.R. Tirmidzi)

Jadi ketika anda sudah berusaha belajar, dan hasilnya dapat nilai jelek, maka tetaplah qonaah. Dan berjanji akan berusaha lebih giat lagi, Itu cobaan dari Alloh agar tidak menjadi hamba yang memiliki derajat yang tinggi. Bersabar dan terus tawakal !!! Ingat rencana Alloh Mahaindah, skenarionya begitu rahasia, namun kita tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meraih hasil terbaik.... Semangat teman-temanku... !!!

Tags : kejujuran mengantarkan kebaikan, nilai jelek tapi jujur, jujur un walau nilai jelek, un tanpa curang, jujur dalam ujian

3 komentar:

  1. terima kasih... artikel ini memberikan motivasi bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,,, terima kasih kembali atas kunjungannya... semoga terus memotivasi..

      Hapus
  2. terima kasih... artikel ini memberikan motivasi bagi saya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Salam sukses selalu untukmu! Jangan bosan mampir di blog ini.

Diberdayakan oleh Blogger.