Kids Zaman Now aja Ikutan IWIC 11, Kalian Kapan?

Apakah kawan pembaca memiliki ide-ide out of the box tapi bingung mewujudkannya? 
Tepat sekali. Indosat Ooredoo sedang mengadakan IWIC (Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest). Tahun ini sudah memasuki tahun yang ke-11 yang merupakan program tahunan sejak tahun 2006.


Tentunya tujuan dari kompetisi ini adalah membangkitkan gairah masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia untuk menjadi pencipta produk-produk digital & startup, sehingga tidak hanya menjadi pengguna/konsumen.

Harapannya produk-produk digital (apps) bisa berguna bagi banyak orang, menyelesaikan masalah sehari-hari, meningkatkan dan memperkaya kualitas hidup masyarakat, dan bahkan yang bisa bersaing dengan produk digital dunia global.

Sudah sepatutnya tujuan yang mulia tersebut kita dukung dengan turut menjadi peserta dalam IWIC 11. Kesempatan tidak akan datang dua kali, sehingga maksimalkan kesempatan untuk ikut pada tahun ini. Masih ada yang bingung atau ragu untuk ikut IWIC? Berikut saya kupas tuntas:

Mencari Ide

Sebenarnya kita tidak perlu mencari ide. Kita hanya perlu peka pada kondisi sekitar. Sebenarnya ada banyak permasalahan sosial yang kita alami dalam sehari-hari. Ini bisa menjadi sebuah ide luar biasa jika dieksekusi dengan tepat.
Barangkali saya juga tidak bisa menyalahkan beberapa orang yang mencari ide dengan jalan-jalan, diskusi hingga ngopi. Memang pada dasarnya semua punya gaya dan caranya sendiri dalam berkontemplasi.

Sejatinya IWIC ini juga bukan lomba membuat aplikasi. Lebih tepatnya adalah lomba ide aplikasi mobile (mobile apps). Menjadi tepat bagi kalian yang punya banyak ide tapi terkendala dalam implementasinya.

Tanpa Memandang Latar Belakang

Kompetisi IWIC 11 ini membuka kesempatan pada semua orang dari latar belakang berbeda untuk berpartisipasi. Tidak hanya mereka developer profesional, kalian yang sekalipun pemula bisa sekali mengikuti kompetisi ini.
Anak-anak, orang tua, siswa, karyawan, buruh dan semuanya memiliki kesempatan yang sama. Tidak ada batas usia dan profesi yang disyaratkan. Cukup bermodal ide kalian bisa menjadi peserta IWIC.

Secara ringkas, kategori pada IWIC11 sebagai berikut:

Professional / Developer / programmer,  laki-laki yang sehari-hari bekerja sebagai programmer, professional di bidang pemograraman walaupun tidak berprofesi sebagai probramer dan memiliki ide atau aplikasi yang ingin di submit.

Beginner / awam, laki-laki yang mengerti sedikit soal pemrograman atau tidak mengerti sama sekali, kamu laki-laki yang masih kuliah

Women and girls, professional / Developer / programmer atau Beginner / awam tapi adalah seorang perempuan

Kids and Teens, laki-laki atau perempuan yang masih bersekolah TK / SD / SMP (sederajat). Kids zaman now berarti boleh ikutan!


Mencoba Lebih Baik

Masih pesimis kalau idemu biasa-biasa saja? Ayolah, kita tidak dapat menilai seberapa bagus ide kita kalau kita tidak mencobanya. Jangan fikirkan kalah menang dulu, tapi beranilah mencoba.
Mencoba, mencoba dan mencoba akan membuat kita semakin lebih baik kedepannya.
Justru dengan mengikuti kompetisi kalian bakal mendapatkan mentoring dan masukan dari para ahlinya. Momen langka yang belum tentu didapatkan ditempat lain, ya kan?


Skala Internasional

Adalah kesempatan luar biasa bisa bersaing dengan peserta yang tidak hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri. IWIC kian melebarkan sayap menjadi kompetisi bertaraf internasional sejak 2016, untuk menyelaraskan bakat digital Indoneaia dengan pemain internasional melalui penciptaan ide-ide aplikasi.
Praktis, gengsi dalam kompetisi ini sangat tinggi. Bagi mereka yang berhasil menjadi juara sudah pasti memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Pun jika kalah setidaknya sudah mencoba bersaing secara internasional. Tidak ada ruginya.

6 Alasan Kalian Harus Ikut IWIC


Hadiah: dengan bermodal ide saja kalian bisa mendapatkan uang dengan total ratusan juta. Total hadiah +Rp 200.000.000 untuk 24 pemenang kompetisi IWIC 11. Bukan main memang apresiasi yang diberikan dari Indosat Ooredoo ini. Kebangetan kalau sampai tidak ikutan.

Publikasi: ide kalian tidak hanya ada dikepala tapi juga dikenal semua orang. Bisa dibayangkan followermu akan naik seketika. Langsung jadi hits berkat ikut IWIC. Keren!

Mentor: kapan lagi dapat mengembangkan ide bersama para ahli kalau bukan di IWIC. Bisa tanya-tanya tentang bagaimana implementasi dan realisasi dari ide aplikasimu ini.

Network: bertemu dan sharing dengan pendiri dan penggiat startup. Relasi ini penting karena sangat banyak manfaatnya apalagi dalam dunia kerja. 

Pengalaman: bisa mengunjungi berbagai perusahan global. Menarikkan bisa merasakan suasana perusahaan global.

Pendanaan: bersiaplah idemu bakal didanai oleh para investor. Ya tentu untuk direalisasikan butuh dana yang tidak sedikit, maka kalian butuh pendanaan dari para investor.

Bocoran Ideku

Mungkin kalian bertanya-tanya, "Apa sih idenya Nizam? kayaknya keren deh,". Jelas keren karena berani ikutan IWIC. Tidak cuma jago ngajak orang tapi juga jago bikin ide alias konseptor.

Pada IWIC 11, saya mengirimkan banyak sekali ide-ide yang sudah menumpuk di kepala sekian lama. Diantaranya adalah tentang gagasan GO TRASH. Sebuah konsep aplikasi dimana masyarakat yang memiliki sampah-sampah plastik menumpuk dapat disetorkan pada UMKM sebagai bahan produksi daur ulang secara online. 


GO TRASH adalah sebuah aplikasi yang memfasilitasi masyarakat untuk menjual sampahnya kepada para UMKM yang butuh pasokan sampah plastik sebagai bahan produk kreatif. Aplikasi ini terintergrasi dengan para driver ojek yang nantinya menjemput sampah ke rumah masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, masyarakat hanya tinggal mengumpulkan saja tanpa perlu menyetorkan atau menjual sendiri.

Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi ini sebagai berikut:

PICK UP TRASH

Setelah sampah terkumpul dan dipilah, maka masyarakat dapat menggunakan fitur jemput sampah. Artinya, akan ada semacam driver yang akan datang ke rumah dengan tujuan mengambil sampah tersebut. Nantinya sampah tersebut akan diberikan pada pihak umkm untuk daur ulang menjadi produk berdaya jual. Tentu ada batas jumlah sampah minimum untuk efektivitas dalam praktiknya.

SALDO

Tentunya setiap sampah yang terkumpul dihargai dengan adil, berdasarkan jenis dan berat sampah. Saldo tabungan akan tampilkan dalam aplikasi agar memudahkan dalam pencatatan dan update saldo. Saldo tabungan ini dapat dicairkan secara tunai, trasnfer ke bank atau sebagai alat membeli produk sampah.


TRASH SHOP

Seperti yang telah dijelaskan tadi, bahwa sampah yang terkumpul tidak langsung dibakar atau dihancurkan. Namun ada upaya daur ulang untuk menciptakan produk yang berkualitas. Nantinya para umkm dapat memasang produknya di aplikasi ini dengan harapan masyarakat luas dapat membelinya secara online.


MEMBER OF THE YEAR

Suatu program perlu ada push and reward agar peran masyarakat kian termotivasi. Dalam hal akan ada reward bagi mereka pengumpul sampah plastik terbanyak. Diharapkan adanya Member of the Year semakin meningkatkan partisipasi masyarakat akan pengumpulan sampah sehingga sampah tidak lagi dibuang secara sembarangan.

***

Bagaimana? biasa aja kan ideku?
Saya yakin, kawan pembaca pasti punya ide lain yang jauh lebih keren dan luar bisa!
Makanya jangan ragu untuk menuangkan ide di IWIC dengan mengisi form ini http://bit.ly/iwic11


Saya sudah ikut IWIC 11, kalian kapan? 
Saya tunggu kalian di Grand Final...

4 komentar:

  1. Aplikasinya bermanfaat banget itu...bagus kalo dikembangkan untuk wilayah seluruh Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang keren kalau mba dian nggak ikutan IWIC hehe

      Hapus
  2. Waduh jadi takut ditenggelamkan sama bu susi >•< Moga abia ini idenya langsung muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kuy ikutan iwic hahaha

      Hapus

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapat notif balasan
Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya !

Diberdayakan oleh Blogger.