Baur Sedalu Komunikasi: Benarkah Ospeknya Cuma Nyanyi-nyanyi?

Kalau mau ospeknya cuma nyanyi-nyanyi doang, sana mending masuk jurusan Ilmu Komunikasi!

Kalimat miring tentang ospek jurusan Ilmu Komunikasi sering terlontar dari mahasiswa jurusan lain. Alasannya cukup diplomatis yaitu mereka belum mengetahui apalagi merasakan atmosfer ospeknya secara langsung. Mereka hanya mendengar teriakan yel-yel penuh semangat yang menggema pada setiap sudut di FISIP Unair.

Baur Sedalu Komunikasi atau sering disebut BSK adalah sebuah serangkaian acara pengenalan kehidupan perkuliahan untuk mahasiswa baru Ilmu Komunikasi FISIP Unair. Rangkaian Baur Sedalu Komunikasi dimulai dengan Welcoming Maba, Pengenalan Departemen Komunikasi, Pra BSK, Komsiklopedia, Jelajah HIMA, Comrace dan terakhir ditutup Malam Keakraban. Dari serangkaian acara tersebut, artikel ini akan banyak membahas tentang Jelajah HIMA.

Baur Sedalu Komunikasi
Baur Sedalu Komunikasi pada Jelajah HIMA
Struktur Himpunan Mahasiswa (HIMA) Komunikasi bisa dikatakan berbeda dengan Hima prodi lainnya. Dalam strukturnya tidak terbagi dalam beberapa divisi-divisi seperti Keilmuan, Akademik, PSDM dan sebagainya. Namun dibawah BPH (Badan Pengurus Harian) langsung dinaungi oleh beberupa klub-klub Komunikasi seperti KOMA (Jurnalistik), AV (Audio Visual), Peping (Kajian Film), SEO (Event Organizer), COMMPOR (Olahraga), COCO (Desain), COMIC (Fotografi) ROCS (Radio) dan PURE (Public Relations). Kesemua klub itulah adalah bidang-bidang yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi. Tentunya dengan diadakan jelajah Hima ini mahasiswa baru punya informasi yang cukup tentang masing-masing klub. Dan pada akhirnya mereka hanya boleh memilih satu klub yang paling diminati.

Yel-yel dulu baru masuk materi

Sebelum Jelajah Hima dimulai, mahasiswa baru yang berjumlah sekitar 110 orang dibagi dalam 10 kelompok. Selanjutnya secara bergantian mengunjungi beberapa pos HIMA yang tersedia di sekitar FISIP Unair Kampus B pada 1-2 September 2018. Setiap pos Hima akan memberikan pengenalan tentang klubnya, program kerjanya, diskusi, hingga games. Di sinilah mahasiswa lintas angkatan yang menjaga pos HIMA dapat berkenalan dengan para maba.

Diakhir kunjungan, biasanya tiap klub memberikan tugas take home yang terkait dengan klubnya. Misalnya, Klub KOMA memberikan tugas kepada maba untuk menulis artikel seputar “Komunikasi” atau COMMIC memberikan tugas untuk memfoto dengan tema tertentu.

Baur “Sedalu” Komunikasi-nya dibagian mana?

Sedalu berasal dari bahasa jawa yang arti semalaman. Seperti yang sudah dijelaskan diawal jika rangkaian BSK ini ditutup dengan Malam Keakraban (makrab). Itu adalah puncak dari serangkaian Baur Sedalu Komunikasi yang mempertemukan mahasiswa komunikasi dari berbagai angkatan aktif. Pada makrab tersebut, setiap angkatan diminta untuk menampilkan persembahan. Makrab sendiri akan digelar pada 15 September 2018.

Sebenarnya BSK pernah dilaksanakan di luar kota yakni pada tahun 2015. Setelah itu kebijakan universitas berubah yang mana BSK dan ospek jurusan lain hanya bisa dilaksanakan di sekitaran kampus (Surabaya). Terlepas dari itu semua, sebenarnya esensi dari Baur Sedalu Komunikasi sebenarnya adalah membangun keakraban sesama mahasiswa komunikasi dan dosen. Selain itu, maba juga dikenalkan dengan klub-klub yang ada di HIMAKOM sebagai tempat mereka berproses dan berkarya di sana. 

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.