Header Ads

9 Aktivitas Bikin Mahasiswa Produktif Saat Liburan

9 Aktivitas Bikin Produktif Saat Liburan - Para mahasiswa boleh lah untuk bersenang-senang sekarang. Pasalnya ujian akhir semester ganjil telah usia. Masa liburan telah menanti didepan mata. Meskipun demikian, jangan sampai liburan mengendorkan produktivitas. Berguna sekali untuk menambah pengalaman atau wawasan untuk bekal kuliah mendatang.


Aktivitas Bikin Produktif Saat Liburan

1. Buka Usaha Sendiri

Bagi kalian yang dulunya terhambat mengembangkan bisnis karena kesibukkan kuliah, maka sekarang bisa deh untuk dicoba lagi. Liburan sekalian bisa menambah uang saku.

2. Ikut Kursus / Keterampilan

Liburan tidak hanya tentang jalan-jalan. Anda juga harus tetap mengisi otak dengan ilmu yang bermanfaat. Ikutlah kursus yang sesuai dengan bakat, minat dan hobi.

3. Olahraga

Tugas kuliah yang segunung seringkali membuat mahasiswa lupa olahraga. Padahal olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Jadi, nikmati waktu liburan bisa dengan olahraga bersama teman-teman lama yang menambah persahabatan,

4. Jalan-jalan Bersama Keluarga/Teman

Well, jalan-jalan memang tidak bisa dielakkan dalam masa liburan. Saya pun mengakuinya. Carilah tempat wisata yang selain indah juga edukatif sih kalau bisa. Jangan lupa jadikan jalan-jalan sebagai pengerat ikatan keluarga atau pertemanan.

5. Mulai Belajar Semester Berikutnya

Menjelang semester berikutnya, jangan lupa untuk belajar. Butuh persiapan yang matang agar semakin depan semakin prestatif dan siap. Bisa dimulai dengan membaca-baca buku.

6. Magang atau Menjadi Relewan

Kamu tetap bisa menjadi bermanfaat bagi orang lain dengan menjadi relawan disuatu aksi sosial. Hal ini bisa menambah softskills loh. Pemanasan sebelum KKN atau PPL. Tidak ada salahnya magang atau menjadi relawan.

7. Buka Kursus SD/SMP/SMA

Bagi kalian yang suka mengajari anak kecil atau jurusan kependidikan, bisalah nyoba-nyoba jadi guru les. Hitung-hitung buat nambah uang kuliah nanti. Kan lumayan dari pada cuma tidur terus dirumah. Persiapkan juga alat-alat penunjang seperti: alat pemotong kertas dan papan tulis.

8. Ikut Kompetisi

Asahlah bakat dan kemampuanmu dengan mengikuti kompetisi. Ada banyak kompetisi yang bisa diikuti semisal lomba karya tulis ilmiah, essai, blog dan lainnya. Selain mengasah kemampuan akademik, juga kalau menang bisa dapat hadiah, enak kan?

Baca: media sosial bisa menghasilkan uang

9. Cari Info Beasiswa

Jadilah mahasiswa yang update dengan mencari info dan peluang beasiswa. Persiapkan segala berkas dan syarat ketentuan dengan baik agar tidak kesulitan jika suatu saat pendaftarannya sudah dibuka. Tentu meringankan beban orang tua.

Baca juga: Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah


Sekian artikel 9 aktivitas bikin mahasiswa produktif saat liburan semoga bisa bermanfaat dan menjadikan liburan menjadi lebih bermakna. Salam sukses, bro!

4 komentar:

  1. Top! Semoga bisa terus mengisi waktu luangnya untuk hal-hal yang bermanfaat ya Zam. Sukses terus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, belum libur semester sih mbakkk, masih mau UTS wkwk

      Hapus
  2. Jalan-jalan bersama keluarga atau teman itu paling top kak. Eh tapi, solo traveling juga boleh dicobain tuh.. ^^

    BalasHapus
  3. Udh pernah solo travelling di Bali, wkwk seruuu udah kayak anak hilang aja

    BalasHapus

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
Terima kasih !

Diberdayakan oleh Blogger.