KUMPULAN SOAL PAI : SOAL HADIST KELAS XI

SOAL HADIST – Kumpulan Download  Soal dan Pembahasan HADIST untuk Try Out, UAMBN, UAM, UM PTKIN, Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Islam, Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Islam, Soal Olimpiade PAI dan UN Keagamaan. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran dan bermanfaat.



SOAL HADITS KELAS XI AGAMA


1. Berikut ini yang termasuk  pengertian  ilmu hadits adalah……
a. Segala pengetahuan yang berhubungan dengan hadits
b. Sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an
c. Ilmu yang mempelajari sifat-sifat Nabi saw
d. Ilmu yang mempelajari tentang kemurnian dari pembicaraan nabi saw
e. Segala pengetahuan yang berkaitan dengan perkataan, perbuatan dan taqrir Nabi saw, berserta sanad-sanad ( dasar penyandaran dan ilmu pengetahuan untuk membedakan keshohihan, kehasanannya dan kedhoifannya daripadalainnya, baik matan maupun sanadnya)
2. Berikut ini adalah lafadz dari pengertian …..
علم يعرف به أ حوال السند والمتن وكيفية التحمل والأداء وصفات الرجال وغير ذلك
a. Ilmu Diroyah Hadits
b. Ilmu Riwayah Hadits
c. Ilmu Hadits 
d. Ilmu Ushulul Hadits
e. Ilmu Hadits Nabawiyah
3. Berikut ini adalah lafadz dari pengertian …..
علم يعرف به نقل ماأضيف للنبى صلعم قولا أوفعلا أوتقريرا أو غير ذلك وصبطها وتحريرها
a. Ilmu Hadits 
b. Ilmu Ushulil Hadits 
c. Ilmu Diroyah Hadits
d. Ilmu Riwayah Hadits
e. Ilmu Mustholah Hadits
4. Ilmu hadits dibagi menjadi 2, yaitu…..
a. Ilmu Hadits Riwayah dan Ilmu Hadits Diroyah
b. Ilmu Mushtholah Hadits dan Ilmu Ushulil Hadits
c. Ilmu Mushtholah Hadits dan Ilmu Diroyah Hadits
d. Ilmu Riwayah Hadits dan Ilmu  Ushulil Hadits
e. Ilmu Rijalul Hadits dan Ilmu Tawarikhul Ruwah
5. Faedah mempelajari ilmu hadits riwayah adalah…..
a. Agar terhindar dari kesalahan dalam meriwayatkan hadits 
b. Untuk mengetahui hal ihwal shohih, hasan dan dhoifnya hadits
c. Untuk mengetahui marfu’, mauqufnya matan hadits
d. Untuk mengetahui keadilan dan kecacatan rawi hadits
e. Untuk mengetahui kedhobitan dan kedho’ifan rawi hadits





6. Faedah mempelajari ilmu hadits diroyah adalah…..
a. Untuk menyampaikan hadits yang benar
b. Dapat menilai mana hadits yang diterima dan mana hadits yang ditolak
c. Untuk mengetahui matan hadits dan sanad hadits
d. Untuk mengetahui rijalul hadits
e. Untuk mengetahui mana hadits yang shohih dan yang dhoif
7. Obyek pembahasan ilmu hadits riwayah adalah……. 
a. Sanad, matan hadits dari aspek syah atau dhoifnya
b. Mempelajari kepalsuan suatu hadits
c. Penyelidikan terhadap para rowi hadits
d. Diri Nabi Muhammad saw, mengenai perkataan, perbuatan , taqrir dan sifat-sifatnya
e. Mempelajari marfu’ dan mauqufnya matan hadits
8. Obyek pembahasan ilmu hadits diroyah adalah…..
a. Perkataan, perbuatan, taqrir dan sifat-sifat Nabi saw
b. Sanad, matan hadits ditinjau dari aspek syah atau dhoifnya dan kepalsuan hadits
c. Terhindar dari kesalahan meriwayatkan hadits
d. Mengetahui sifat-sifat dan taqrir Nabi saw
e. Terhindar dari kesalahan yang berasal dari perkataan dan perbuatan nabi Muhammad saw
9. Penyusun kitab pertama kali tentang ilmu hadits diroyah adalah…..
a. Al Qodli Abu Muhammad Ar Ramahur Mudzi
b. Al Hasyim abu Muhammad Ibnu shihab
c. Al Qodli Abu Muhammad Al Hasan Bin Al Maroghi
d. Abu Muhammad Al Hasan At Turmudzi
e. Al Muhdi Abu Muhammad Al Hasan Ar Ramahurmudzi
10. Penyusun ilmu riwayah hadits adalah….
a. Al Qodli Abu Muhammad Arramahurmudzi
b. Muhammad Ibnu Shihab Az Zuhri
c. Abu Muhammad Bin syihab Ad Dahuri
d. Muhammad Al Hasyim Al Hafidz 
e. Muhammad Amir Al Hasyim
11. Lafadz berikut yang tidak digunakan dalam metode tahamul dengan cara sama’ min lafdzi Syaikhi adalah…
a. سمعت
b. سمعنا
c. أخبرني
d. حدثني
e.   أجزت لك
12. Berikut ini lafadz yang termasuk Qiro’ah ‘ala syaikhi adalah….
a. سمعنا
b. أخبرني
c. أجزت لك
d. قرأت عليه
e. هذاسماعى أومن روايتي
13. Lafadz “ أجزت لك للمسلمين جميع مسموعاتى“biasa digunakan dalam meriwayatkan hadits dengan cara……
a. Ijazah fi mu’ayanin lil mu’ayanin
b. Ijazah fi ghori mu’ayanin li mu’ayanin
c. Ijazah ghoiri mu’ayanin bighoiri mu’ayanin
d. Munawalah dibarengi dengan ijazah
e. Mukatabah dibarengi dengan ijazah 
14. Yang dimaksud dengan  Ada’ul hadits dengan cara  Sama’ Min Lafdzi Syaikhi adalah
a. Pemberian izin dari seorang guru kepada muridnya untuk meriwayatkan hadits/kitab  dari padanya 
b. Membacakan hadits kepada gurunya, baik dibaca sendiri maupun orang lain yang membacanya dan ia mendengarkan
c. Seorang guru memberikan sebuah naskah/ salinan yang sudah dikoreksinya kepada muridnya untuk diriwayatkan
d. Guru menulis sendiri beberapa hadits /menyuruh orang lain ditempat lain/dihadapannya untuk menulis hadits.
e. Mendengar sendiri dari perkataan gurunya, baik didekte maupun bukan dan dari hafalan maupun tulisan
15. Berikut ini yang bukan lafadz yang digunakan dalam meriwayatkan  hadits bagi para rawy yang langsung mendengar dari gurunya adalah…….
a. سمعت
b. حدثنى
c. كتب إلي فلان
d. أنبأنى
e. قال لى فلان.  
16.  Ulama’ yang  membedakan lafadz hadatsana dan akhbarana: kalau lafadz hadatsana itu untuk rowi yang mendengar langsung dari sang guru sedangkan lafadz akhbarana untuk rowi yang membaca / menghafal hadits dihadapan guru kemudian sang guru meng iyakan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh…..
a. Imam An Nawawy
b. Ibnu As Sholah
c. Imam As Syafi’I dan ulama’ – ulama’ timur
d. Ulama’ Malikiyah
e. Ulama’ Muhaditsin 
17. Rumus “ ح “ singkatan dari tahawwul ( beralih) yang digunakan pada satu hadits yang mempuyai dua sanad atau lebih. Rumus tersebut dikemukakan oleh….
a. Imam An Nawawy dan Muhaditsin
b. Ibnu As Sholah
c. Imam As Syafi’I dan ulama’ – ulama’ timur
d. Ulama’ Malikiyah
e. Kebanyakan  Muhaditsin 




18.  Berikut ini termasuk ta’rif / pengertian dari……
هو خبر عن محسوس رواه عدد جم يجب فى العادة احالة اجتماعهم وتواطئهم  على الكذب
a. Hadits Ahad
b. Hadits Shohih
c. Hadits Qudsi
d. Hadits Mutawatir
e. Hadits Marfu’
19.  Kedudukan hadits  mutawatir dalam hukum islam adalah….
a. Sebagai sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an
b. Sebagai sumber hukum yang pertama dan utama 
c. Sebagai sumber hukum kedua dan menempati tempat yang tertinggi diantara hadits – hadits lain 
d. Sebagai penjelas Al-Qur’an 
e. Setara dengan Al-Qur’an
20.  Berikut ini termasuk hadits mutawatir kecuali…..
a. Mutawatir Lafdzi
b. Mutawatir Maknawi 
c. Mutawatir Amaly
d. Mutawatir Qudsi
e. Jawaban a,b dan c benar
21.  Yang dimaksud dengan hadits ahad adalah……
a. Hadits yang ditukil ( diriwayatkan ) oleh rawi yang adil, sempurna ingatan, sanadnya  bersambung –sambung, tidak berillat dan tidak janggal Hadits yang diri
b. Suatu hadits hasil tangkapan dari panca indera, yang diriwayatkan oleh sejumlah besar rawi, yang menurut adapt kebiasaan mustahil mereka berkumpul dan bersepakat dusta
c. Suatu hadits hasil tangkapan dari panca indera, yang diriwayatkan oleh sejumlah besar rawi, yang menurut adapt kebiasaan mustahil mereka berkumpul dan bersepakat dusta
d. Semua hadits yang tidak memenuhi kreteria peneriman hadits, atau hadits yang tidak memenuhi  sifat –sifat hadits shahih dan hadits hasan
e. Hadits yang tidak mencapai tingkat mutawatir
22.  Pembagian hadits ahad ada 3 yaitu…….
a. Hadits Mashur, Munqothi’, Shohih
b. Hadits Mustafid, Shohih, Mu’dal
c. Hadits Shohih, Mursal, Mudroj
d. Hadits Masyhur, Aziz, Ghorib
e. Hadits Mustafid, Aziz, Muallal
23. Hadits yang diriwayatkan oleh tiga orang atau lebih, serta belum mencapai derajat mutawatir disebut…… 
a. Hadits ‘Azis
b. Hadits Ghorib
c. Hadits Masyhur
d. Hadits Mustafidh
e. Hadits mutawatir 




24. Berikut ini ta’rif dari 
ما نقله عدل تام الضبط متصل السند غير معلل ولاشاذ
a. Hadits Dho’if
b. Hadits Hasan
c. Hadits Mutawatir
d. Hadits Ahad
e. Hadits Shohih
25.  Hadits Shohih itu di bagi menjadi dua bagian ……
a. Hadits Shohih Lidzatih dan dhohiri 
b. Hadits Shohih Lidzatih dan Shohihi
c. Hadits Shohih Lidzatih dan daruri  
d. Hadits Shohih Lidzatih  dan Rijali  
e. Hadits Shohih Lidzatih dan lighoirih 
26.   كنا للنبى صلى الله عليه وسلم فى حائطنا فرس يقال له اللحيف
Hadits tersebut diatas contoh dari hadits…….
a. Hasan lidzatihi
b. Hasan lighoirihi
c. Shohih lidzatihi
d. Shohih lighoirihi
e. Shohih bighoirihi 
27. Hadits yang dinukilkan oleh seorang yang adil, (tapi) tak begitu kokoh ingatannya, bersambung-sambung sanadnya dan tidak terdapat illat serta kejanggalan pada matannya. Pernyataan tersebut definisi hadits hasan menurut pendapat…..
a. Imam At Turmudzi
b. Imam As Syafi’i
c. Jumhurul Muhaditsin
d. Imam Malikiyah
e. Ibnu As Sholah dan Imam An nawawy
28. Yang dimaksud dengan Hadits hasan lidzatihi adalah…….
a. Hadits yang memenuhi segala syarat-syarat hadits hasan
b. Hadits yang dinukilkan oleh seorang yang adil, (tapi) tak begitu kokoh ingatannya, bersambung-sambung sanadnya dan tidak terdapat illat serta kejanggalan pada matannya.
c. Hadits yang tidak mencapai tingkat mutawatir
d. Hadits yang sanadnya tidak sepi dari seorang mastur-tak nyata keahliannya, bukan pelupa yang banyak salahnya, tidak nampak adanya sebab yang menjadikan fasik dan matan haditsnya adalah baik berdasarkan periwayatan yang semisal dan semakna dari sesuatu segi  yang lainnya.
e. Hadits yang memenuhi syarat hadits shohih






29. Hadits yang sanadnya tidak sepi dari seorang mastur-tak nyata keahliannya, bukan pelupa yang banyak salahnya, tidak nampak adanya sebab yang menjadikan fasik dan matan haditsnya adalah baik berdasarkan periwayatan yang semisal dan semakna dari sesuatu segi  yang lainnya. Pernyataan diatas  definisi dari…..
a. Hadits hasan lidzatihi
b. Hadits hasan lighoirihi
c. Hadits shoih lidzatihi 
d. Hadits shohih lighoirihi
e. Hadits Dhoif
30. Hadits yang kehilangan satu syarat atau lebih dari syarat –syarat hadits shohih dan hadits hasan disebut…..
a. Hadits hasan lidzatihi
b. Hadits hasan lighoirihi
c. Hadits shoih lidzatihi 
d. Hadits shohih lighoirihi
e. Hadits Dhoif
31. Hadits yang gugur dari akhir sanadnya seseorang setelah tabi’iy   disebut….
a. Hadits Maqlub
b. Hadits Mudallas
c. Hadits Maudhu’
d. Hadits Mursal
e. Hadits Munkar
32. Hadits yang dicipta serta dibuat oleh seseorang(pendusta), yang dicipta itu dibangsakan kepada Rosululloh saw secara palsu dan dusta, baik hal itu disengaja atau tidak disebut…..
a. Hadits Maqlub
b. Hadits Mudallas
c. Hadits Maudhu’
d. Hadits Mursal
e. Hadits Munkar
33. Berikut ini ta’rif dari hadits….. 
ما أخبر الله نبيه بالالهام أوبالمنام. فأخبر النبى ص م من ذلك المعنى بعبارة نفسه 
a. Hadits Nabawy
b. Hadits Illahy/Rabbani/ Qudsi
c. Hadits Mutawatir
d. Hadits Maknawi
e. Al-Qur’an
34.  Berikut ini termasuk ciri –ciri hadits Qudsi kecuali…
a. Diawali dengan lafadz Qola ( Yaqalu) Allahu
b. Fima yarwihi ‘anillahi tabaraka wa ta’ala
c. Lafadz –lafadz yang semakna dengan apa yang tersebut diatas, setelah penyebutan rawi yang menjadi sumber pertamanya yakni sahabat
d. Menerangkan tentang dzat dan sifat Alloh
e. Menerangkan tentang amal manusia 


35. Contoh hadits berikut ini termasuk hadits….
عن أبى ذر رضى الله عنه قال: قال رسولالله صلعم : يقول الله عز وجل: من جاء بالحسنة فله عشرأنثالها أوأزيد, ومن جاء بالسيئة فجزاء سيئة سيئة نثه أواغفر ..............الحديث. رواه مسلم.
a. Hadits mutawatir
b. Hadits Ahad
c. Hadits Shohih
d. Hadits Qudsi
e. Hadits Marfu’
36.  Hadits yang disandarkan kepada Rosululloh saw disebut…
a. Hadits Mauquf
b. Hadits Maqthu’
c. Hadits Marfu’
d. Hadits Qudsi
e. Hadits Nabawy
37. Hadits yang akhir penyandarannya hanya sampai sahabat disebut hadits mauquf. Dan kedudukan hadits mauquf dalam hukum islam adalah….
a. Dapat dijadikan hujjah
b. Boleh dijadikan hujjah bila ada qorinah yang menunjukkan ( yang menjadikan marfu’)
c. Tidak dapat dijadikan hujjah
d. Sunnah dijadikan hujjah
e. Jawaban b dan c benar
38.  Hadits Mauquf dibagi menjadi 3 bagian yaitu,…
a. Mauquf Qouli
b. Mauquf Fi’li 
c. Mauquf Taqriri
d. Mauquf Shohabati
e. Jawaban a, b dan c benar
39.  Ta’rif  dibawah adalah pengertian dari….
ما أضيف الى التابع ومن دونه من أتباع التابعين فمن بعدهم من قول أوفعل أونحوهما
a. Hadits Qouli
b. Hadits Mauquf
c. Hadits Marfu’
d. Hadits Maqthu’
e. Hadits Mutawatir
40. Berikut ini termasuk pembagian hadits maqthu’ yaitu,….
a. Hadits maqthu’ Qouli dan Taqriri
b. Hadits maqthu Fi’li dan Taqriri
c. Hadits maqthu’ Quli dan fi’li
d. Hadits maqthu’ tabi’in dan tabi’in tabi’in
e. Jawaban c dan d benar






II. Jawablah pertanyaan essay dibawah ini dengan tepat dan benar!

1. Sebutkan syarat-syarat hadits mutawatir!
2. Bagaimana hukumnya penggunaan hadits dhoif!
3. Sebutkan perbedaan hadits Qudsi, hadits Nabawy dan Al-Qur’an
4. Sebutkan metode tahumul dan jelaskan masing-masing!
5. Sebutkan syarat hadits shohih!

Lihat soal berikutnya:
Soal Akhlak Kelas XI
Soal Akhlak Kelas XII
Soal Fiqih Kelas Kelas XI
Soal Hadist Kelas XI

Silahkan tulis dikolom komentar, soal apa yang ingin kalian cari!
InsyaAllah saya punya beberapa stok atau bank soal seputar keagamaan
Syukron

1 komentar:

  1. pelajaran anak SMA sekarang susah2 ya, dulu pas SMA gak sesusah ini pelajaran agamanya.

    BalasHapus

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapat notif balasan
Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya !

Diberdayakan oleh Blogger.