Waspada! 3 Jenis Kejahatan Yang Paling Sering Menimpa Pemudik

Beberapa bulan menjelang bulan Ramadhan, Tiket Mudik Lebaran 2019 ke beberapa destinasi sudah habis terjual, lho! misalnya saja tiket mudik lebaran 2019 ke kota Semarang, sejak H-90 lebaran tiket kereta api di tanggal favorit sudah habis terjual. 

Jumlah pemudik memang semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini dikarenakan jumlah perantau yang datang ke kota Jakarta pun semakin bertambah setiap tahun. Dibandingkan dengan kendaraan pribadi, mudik dengan menggunakan beragam moda transportasi umum juga masih menjadi pilihan favorit para pemudik, kenapa? karena mudik dengan transportasi umum terbilang lebih simpel dan tidak melelahkan. 

Meskipun tergolong nyaman, ternyata mudik dengan moda transportasi umum juga masih dibayang-bayangi oleh berbagai jenis kejahatan, lho! jadi untuk kalian yang sudah membeli tiket mudik lebaran 2019, sebaiknya harus kenali dulu 3 kejahatan yang sering terjadi di transportasi umum ketika musim mudik lebaran, seperti:

1. Hipnotis


Percaya atau tidak, motif kejahatan dengan modus hipnotis ini masih sering terjadi, lho! oknum-oknum kejahatan dengan motif hipnotis biasanya memanfaatkan rasa lelah para pemudik, karena jika tubuh kalian terlampau lelah dan kurang fokus, maka hipnotis akan lebih mudah dilakukan, dan jika kalian sudah terkena hipnotis maka kalian akan dengan “sukarela” memberikan barang bawaan ataupun uang kalian kepada oknum, dan akan tersadar beberapa saat setelah oknum sudah berhasil melakukan modusnya. Ngeri banget, ya!

2. Bius


Sebenarnya modus kejahatan ini merupakan modus kejahatan yang paling mudah dihindari, tapi bagaimanapun masih banyak juga korban yang terkena motif kejahatan ini. Biasanya obat bius yang digunakan oleh oknum dicampur kedalam sebuah makanan atau minuman, makanya pastikan kalian tidak menerima makanan atau minuman yang ditawarkan oleh orang asing, dan kalian jangan pernah meninggalkan makanan yang sedang kalian santap di tempat umum untuk melakukan sesuatu terlebih dahulu lalu kemudian kembali untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang tadi, karena bisa saja ada oknum yang sudah mencampur makanan atau minuman kalian dengan obat bius. Pokoknya tetap hati-hati, ya!

3. Pencurian


Hal ketiga yang harus kalian waspadai adalah pencurian. Pencurian kerap terjadi dimanapun, baik di stasiun, terminal, pelabuhan ataupun di bandara, makanya apapun moda transportasi yang akan kalian gunakan, sebaiknya tetap berhati-hati. Pelaku pencurian biasanya seorang oknum yang memang sudah terbiasa, oleh karena itu dalam melancarkan aksinya para pencuri ini mampu untuk tenang dan tidak tergesa-gesa, misalnya saja seorang pencopet yang bisa dengan tenang dan tanpa suara mengambil dompet dari saku korban. Biasanya, pencopet tidak bekerja sendirian, makanya kalian harus tetap waspada jika ada seseorang yang tiba-tiba mengajak kalian berbicara, karena bisa jadi itu cara mereka mengalihkan perhatian kalian.

Meskipun pengamanan pada saat mudik lebaran selalu ditingkatkan oleh pemerintah, tapi ternyata masih ada celah bagi para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya, dan sebagai pemudik yang cerdas, kalian harus banget peka dengan keadaan disekitar ketika mudik, supaya kalian gak menjadi salah satu korbannya, kan! Nah, untuk kalian yang udah siap banget buat mudik tapi belum kebagian tiket mudik lebaran 2019, kalian bisa kunjungi website atau aplikasi mister aladin dan temukan moda transportasi andalan kalian untuk mudik lebaran tahun ini. Mister Aladin, Teman Travel Terbaikmu!

Tidak ada komentar

Jika berkenan, sila beri komentar. Jangan bosan mampir di blog ini. Salam sukses selalu untukmu!

Diberdayakan oleh Blogger.