Khoirun Nizam (Blogger) Menekuni blog sejak 2016

Tips Lemari Es Agar Hemat Listrik

Kulkas bukan lagi sebuah barang mewah karena hari ini hampir setiap rumah punya kulkas. Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang akan menyala 24 jam penuh dalam sehari. Kulkas pun jarang dimatikan kecuali ketika dibersihkan. Untuk itu diperlukan lemari es hemat listrik. Karena lemari es adalah alat elektronik yang paling banyak mengkonsumsi energi listrik. Maka sering membuat tagihan listrik lebih besar. Bener atau betul?


Untuk itu diperlukan cara yang tepat agar bisa menghemat listrik.

Tips Lemari Es Agar Hemat Listrik

1. Beri jarak kulkas pada dinding di sekitarnya

Diperlukan jarak sekitar 10-15 centimeter dari dinding sekitar lemari es. Dan 30 centimeter dari langit-langit. Tujuannya adalah agar lemari es tidak terlalu panas, sehingga tidak memerlukan energi terlalu banyak ketika beroperasi.



2. Isi kulkas sesuai dengan kapasitasnya

Sebaiknya menghindari mengisi kulkas melebihi kapasitasnya atau terlalu penuh. Itu mengakibatkan makanan di dalamnya tidak dingin. Sedangkan udara dingin dalam lemari es memerlukan ruangan sedikit lega.



3. Tutup pintu lemari es yang rapat

Dengan ditutup pintu lemari.ea yang rapat akan membuat suhu di dalamnya lebih cepat dingin. Sering membuka dan menutup lemari es, lampu yang sering menyala akan membuat kulkas mengeluarkan energi lebih banyak.



4. Atur suhu seperlunya

Hindari mengatur suhu lemari es terlalu rendah. Aturlah sesuai dengan kebutuhan. Mengatur suhu pada titik terendah akan memperberat kinerja kulkas.



5. Hindari memasukkan makanan dan minuman panas

Ketika Anda memasukkan makanan dan minuman panas ke dalam lemari es, maka akan memperberat proses pendinginan pada lemari es dan itu juga akan mempengaruhi energi listrik yang dibutuhkan.



6. Bersihkan kulkas secara teratur

Selain bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan bau, membersihkan lemari es juga bisa menghemat listrik. Karena saluran dan dan pembuangan udara yang tersumbat mengakibatkan mesin lemari es akan bekerja lebih keras. Jika itu terjadi, akan mengeluarkan biaya yang lebih besar.



7. Matikan kulkas di waktu tertentu

Jika Anda berencana bepergian jauh selama beberapa hari, matikan lemari es. Itu bisa mencegah dari bau lemari es dan pastinya bisa menghemat listrik.

Itulah tips menghemat listrik untuk lemari es. Namun kembali ke tujuan membeli kulkas, adalah untuk mengawetkan makanan agar lebih tahan lama. Tentu saja lemari es anti bakteri juga diperlukan. Pilihlah lemari es sesuai dengan kebutuhan.

Khoirun Nizam (Blogger) Menekuni blog sejak 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Mohon maaf, copy paste tidak diperkenankan !!