Factory Tour ke PT Amerta Indah Otsuka, Ngapain aja?

Pagi itu, saya tergesa-gesa untuk berangkat ke kampus. Saya tak ingin ketinggalan rombongan bus yang katanya akan berangkat tepat pukul 05.30 WIB. Saking buru-burunya, saya sampai lupa tak membawa botol minum. Akhirnya saya berhenti sejenak di minimarket untuk membeli Pocari Sweet. Sebotol Pocari Sweet volume 350 mL menjadi teman perjalanan dari Surabaya menuju tempat asal produksinya di Kejayan, Pasuruan. Sudah tau kan saya pergi ke mana? Ya, PT Amerta Indah Otsuka


PT Amerta Indah Otsuka yang berlokasi di Kejayan - Pasuruan ini merupakan pabrik baru (2010) yang sebelumnya sudah ada di Sukabumi, Jawa Barat (2004). Saya tidak datang sendirian. Saya bersama rombongan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unair sejumlah 53 orang diberikan kesempatan untuk kunjungan pabrik atau istilah kerennya "Factory Tour" pada Rabu, 21 November 2018.

Meski bus kami berangkatnya molor dari jadwal yang ditetapkan, ternyata perjalanan kami tergolong lancar sehingga sekitar pukul 08.13 WIB sudah sampai di pabriknya. Sebenarnya jadwal kunjungan baru akan dimulai pukul 09.00 WIB. Artinya, kami harus menunggu sejenak sambil melihat keindahan dan kemegahan PT Amerta Indah Otsuka dari dalam bus.

Memasuki tempat baru, tentu punya aturan-aturan yang harus ditaati bersama. Salah satu teman saya , Aisy Fajar, memberikan briefing singkat tentang apa-apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama factory tour. Karena kami mahasiwa, tentu kami harus mengenakan seragam almamater dan sepatu tertutup. Kami juga harus menjaga kebersihan di dalam lingkungan pabrik, bahkan meludah adalah sesuatu yang sebaiknya tidak dilakukan. Bukan bermaksud lebay, namun itu adalah bentuk dari menjaga kebersihan sebuah lokasi industri.

Pabrik Soyjoy yang baru rampung tahun 2018 dan berdekatan dengan Pabrik Pocari Sweet

Jarum jam hampir menunjukkan Pukul 09.00 WIB. Bus kami bergerak perlahan menuju Pabrik Soyjoy yang baru saja diresmikan tahun ini. Impresi awal ketika melihat warna pabriknya cukup lucu karena berwarna-warni. Kedatangan kami disambut tim humas dari PT Amerta Indah Otsuka yakni Bu Indah dan rekan-rekan.

Sebelum kami masuk Pabrik Soyjoy dan kepo-kepo tentang proses produksinya, ada briefing singkat yang disampaikan tim humas. Intinya adalah pedoman untuk mengambil gambar. Jika kita sedang berada di red carpet maka haram hukumnya mengambil gambar. Sedangkan saat berada di green carpet, kita bebas untuk mengambil foto atau video.

Kenapa sih kok nggak boleh? Red carpet sebenarnya menampilkan proses produksi dari Soyjoy sehingga menjadi wajar jika tidak boleh ada kegiatan dokumentasi dalam bentuk apapun. Dampak positifnya, saya bisa lebih puas menyaksikan alat-alat produksi secara langsung tanpa perlu sibuk merekam atau memfoto.

Bagi yang belum pernah melihat tanaman kedelai, kamu bisa menyaksikan langsung kebun kedelai dari dalam Pabrik Soyjoy ini. Owh ya, ada dua spot foto instagramable yang wajib kamu coba jika sedang factory visit di sini. Salah satunya adalah spot di bawah ini. Pakai mode panorama agar bisa menangkap foto secara utuh dari huruf S sampai Y.

Memanfaatkan spot foto instagramable

Puas berkeliling di pabrik Soyjoy selanjutnya kami kembali menuju bus untuk menuju ke Pabrik Pocari Sweet. Owh ya, kami juga diberikan sampel produk Pocari Sweet secara gratis, loh. Tau aja kalau kami lagi butuh cairan karena cuaca saat itu sedang panas-panasnya. Seketika, tubuh kembali segar dan bersemangat untuk melanjutkan factory tour.

Kondisi luar dan dalam Pabrik Pocari Sweet

Sesampainya di Pabrik Pocari Sweet, kami langsung diajak untuk melihat proses produksi Pocari Sweet. Mesin yang digunakan berteknologi tinggi dan sangat cepat. Lagi-lagi di tempat produksi ini kami tidak diperkenankan untuk mengambil gambar. Oleh karena itu, kami hanya bisa melihat dari balik kaca proses produksi yang serba otomatis itu.

Setelah melihat proses produksi, kami diarahkan menuju Diversity Hall. Sebenarnya inti dari kunjungan kami ke PT Amerta Indah Otsuka berada di hall tersebut. Di sana kami mendapatkan penjelasan lebih komprehensif mengenai sejarah Otsuka, produk-produk dari AIO, corporate culture, CSR dan fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya.

Bu Indah Supraptiningsih selaku Consumer Relation Officer  memberikan kesempatan pada kami untuk mengajukan pertanyaan bila ada hal yang belum jelas. Kebetulan factory visit kami ini dalam rangka Praktik Kerja Lapangan mata kuliah Komunikasi dan Budaya Korporat, sehingga kami ingin mengetahui secara mendalam bagaimana sebenarnya budaya perusahaan ini. Apalagi Otsuka adalah perusahaan yang berasal dari Jepang yang kemudian berekspansi di Indonesia.

Pemberian kenang-kenangan dari Departemen Komunikasi FISIP Unair kepada Humas PT Amerta Indah Otsuka

Waktu berjalan begitu cepat. Waktu kunjungan kami harus segera berakhir. Sebelum pulang, kami mendapatkan goodie bag berisi produk PT Amerta Indah Otsuka  yaitu Pocari Sweet, Ion Water, Soyjoy dan yang terbaru Oronamin C. Wah, lagi-lagi dapat Pocari Sweet nih. Kala itu saya menghabiskan 3 botol Pocari Sweet dalam sehari.

Meski panas tetap semangat karena minum Pocari Sweet

Buat kamu yang ingin melakukan Factory Tour ke PT Amerta Indah Otsuka, baik yang berlokasi di Sukabumi maupun di Kejayan, bisa langsung cek website https://www.aio.co.id/. Harap bersabar karena jadwal kunjungan sangat padat tiap harinya.

Sebagai penutup, saya pribadi sekaligus mewakili teman-teman mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Amerta Indah Otsuka yang telah menerima kami dengan ramah. Semoga semakin berjaya dan berkontribusi untuk masyarakat.

11 komentar:

  1. Kok asyique yaaaa
    Kayaknya SERU nih kalo BLITZ cuss ke Pocari Sweat!
    :D

    BalasHapus
  2. Waahhh asyik banget bisa berkunjung ke pabriknya... sungguh pengalaman berharga banget yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih dapat pengalaman baru dan ilmu baru

      Hapus
  3. wah sayang gak ketemu JKT48 ya zam?

    BalasHapus
  4. Artikelnya bagus dan informatif... Kapan lagi buat vlognya juga dong mas 🙂

    BalasHapus
  5. wahh dulu saya waktu kuliah juga kunjungan kesini nih.
    seruu banget..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Salam sukses selalu untukmu! Jangan bosan mampir di blog ini.

Diberdayakan oleh Blogger.