Tips Memanfaatkan Hari Libur 2019 Untuk Liburan Yang Tepat dan Hemat

Sudah cek kalender 2019? Coba lihat ada berapa hari libur 2019 yang muncul di sana. Kebanyakan hari libur nasional masih didominasi oleh hari keagamaan seperti jumat agung, hari waisak, kenaikan isa almasih, hari raya idul fitri, hari raya idul adha, maulid nabi, dan natal. Selain hari keagamaan, juga ada libur tahun baru, hari buruh, hari lahir pancasila. dan hari kemerdekaan. Banyak sekali, kan?


By the way, udah ada rencana mau liburan ke mana? Kebetulan artikel ini akan memberikan tips-tips agar hari libur nasional 2019 bisa dimanfaatkan untuk liburan yang tepat dan hemat. Artinya "tepat" disini adalah tidak mengganggu aktivitas lain (sekolah, kuliah, atau kerja) dan bisa mendapatkan hari libur yang nggak cuma sehari saja.

Sebelum kamu memilih untuk mencari tempat liburan atau staycation di hotel, ada beberapa tips memanfaatkan hari libur 2019 yang mungkin bermanfaat, yaitu;

#1. Cek Hari Liburnya
Hari libur nasional yang jatuh di hari minggu tentu akan beda rasanya dengan hari libur nasional yang jatuh pada hari senin. Ada kepuasaan tersendiri ketika hari libur itu tidak bertepatan dengan hari minggu. Syukur-syukur bisa dapat hari senin karena bisa dapat tiga hari libur yaitu hari sabtu, minggu dan senin. Kalau melihat dari kalender yang ada, libur nasional yang jatuh pada hari Senin hanya terjadi di hari raya idul adha. So, sudah punya rencana mau liburan kemana saat idul adha?

#2. Rencanakan Cuti atau Bolos Kuliah Sejak Awal
Untuk mendapatkan liburan agak panjang, kamu juga bisa mengambil cuti atau bolos kuliah. Syaratnya, rencakan cuti atau bolos kuliah sejak awal. Biasanya beberapa perusahaan memberikan jatah cuti dalam sebulan atau jatah bolos kuliah dalam satu semester. Nah, cuti atau jatah bolos bisa digunakan jika hari libur nasional berada di weekday. Misalnya, Libur tahun baru masehi, 1 Januari 2019 jatuh pada hari selasa maka kita bisa ambil cuti hari senin aja atau ditambah rabu atau terserah. Jadi, manfaatkan jatah cuti atau bolos kuliah diwaktu yang tepat yaitu saat harpitnas.

#3. Yuk Nabung Buat Traveling
Entah fakta atau opini, banyak yang bilang jika milenial lebih suka nabung untuk traveling daripada untuk masa depan. Saya rasa hal tersebut sah-sah saja selama masih dalam batas kewajaran. Traveling nggak cuma jalan-jalan aja, karena lewat traveling kita juga bisa dapat insight baru, ide baru, dan juga bahan konten. Rela liburan demi buat konten. Menjadikan liburan sebagai liburan produktif. Mumpung masih lama, rencanakan liburan dengan matang salah satunya berkaitan dengan finansial. 

4. Cari Informasi Seputar Staycation atau Tempat Wisata
Riset sebelum traveling menjadi penting di era sekarang. Apalagi bisa dilakukan dengan mudah dengan cara googling saja. Nah, mencari informasi seputar staycation dengan membaca review atau pengalaman orang yang dulu pernah menginap disitu. Atau juga informasi berupa saran atau tips saat kita mau berkunjung ke tempat wisata tersebut.


5. Pesan Tiket Pesawat dan Hotel
Jika ingin liburan ke luar daerah atau pulau, maka kita perlu memesan tiket pesawat dan hotel. Bersyukurlah kita hidup di era serba digital karena kita bisa pesan tiket pesawat dan hotel hanya dalam genggaman smartphone, yaitu dengan Traveloka.

Traveloka ini dapat diakses melalui website traveloka.com atau dengan mendownload aplikasinya di playstore. User interface traveloka juga sangat nyaman dan mudah dipahami untuk orang awam. Menariknya lagi, kita bisa pesan tiket pesawat dan hotel sekaligus di traveloka hemat hingga 20%.

Saya sendiri ingin sekali pergi ke Bali saat akhir tahun karena Bali selalu punya cerita dan suasana yang nyaman untuk liburan. Saya sendiri sebenarnya sudah pergi ke Bali sebanyak dua kali, namun tetap saja pulau dewata meninggalkan kenangan yang susah untuk dihilangkan.


Saya pun mencoba mengecek harga tiket pesawat dan hotel dari Surabaya ke Denpasar melalui Traveloka.

Untuk tiket pesawat, saya memilih terbang tanggal 31 Desember 2018, sedangkan untuk hotelnya booking sampai tanggal 2 Januari 2019. Dan hasilnya, saya menemukan paket hemat mencapai 50%. 


Jika saya membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah harusnya membayar 2,6 juta namun karena saya membeli tiket pesawat dan hotel sekaligus di Traveloka, maka hanya membayar 1,3 jutaan saja. Hemat sekitar 1,2 jutaan. 

Itulah mengapa saya sendiri menyarankan untuk pesan tiket pesawat dan hotel sekaligus di Traveloka karena lebih hemat. Daripada beli terpisah, mending beli sekaligus saja. Traveloka memang merekomendasikan harga paling hemat, namun sebenarnya kita juga tetap bisa mengganti penerbangan dan hotel jika mungkin kurang cocok. Intinya, kita tetep bisa memilih sendiri kok.

Sekian tips memanfaatkan hari libur 2019 untuk liburan yang tepat dan hemat. Jangan lupa siapkan traveling stater packmu agar liburanmu juga produktif. Minimal menambah feed instagram atau menjadi konten dalam artikel blog. Enjoy your holiday, guys!

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Salam sukses selalu untukmu! Jangan bosan mampir di blog ini.

Diberdayakan oleh Blogger.