4 Jenis Sleeping Bag yang Wajib Diketahui

Sleeping bag menjadi salah satu perlengkapan penting ketika mendaki gunung. Anda tentu tidak ingin merasa kedinginan ketika tidur di gunung karena dinginnya hawa yang menembus tenda. Dengan memakai alat ini Anda bisa tidur dengan nyenyak dan juga aman di gunung. 

foto: phinemo.com

Mengenal Jenis Sleeping Bag

Sleeping bag mempunyai berbagai macam jenis, mulai dari bahan, ukuran, dan juga harga. Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda ketika memilih alat ini, karena setiap orang juga memiliki kehangatan tubuh yang berbeda. Nah, kira-kira apa saja jenis dari sleeping bag ini? Berikut informasinya :

1. Polar

Jenis yang satu ini terbuat dari 2 lapisan yaitu outer yang terbuat dari bahan parasut atau sejenisnya dan bagian inner dari bahan polar. Kantong tidur ini sangat tipis dan bisa dipacking menjadi ukuran yang sangat kecil, sehingga bisa lebih mudah dibawa dan dimasukan ke dalam tas.

Jenis yang satu ini memang lebih cepat memberikan rasa hangat dibandingkan dengan jenis lainnya. Ini karena lapisan polar akan lebih cepat menyerap panas. Namun jenis yang satu ini juga lebih mudah ditembus hawa dingin dari luar. Maka dari itu, tidak disarankan memakai kantong tidur satu ini di pendakian gunung yang cukup tinggi.

2. Dakron

Untuk jenis satu ini terbuat dari 3 lapisan, yaitu outer dari bahan parasut, lapisan inner yang terbuat dari bahan tafeta, dan lapisan filling yang terbuat dari bahan dakron. Dakron adalah serat sintesis yang mirip dengan kapas. 

Jenis ini akan lebih hangat dan bisa menahan hawa dingin dari luar karena seratnya yang berongga sehingga dapat mengunci hawa. Juga bisa bekerja seperti isolator yang mengunci panas tubuh di dalam sleeping bag dan menahan hawa dingin dari luar.

Kantong tidur ini cukup bagus untuk dipakai di gunung Indonesia, namun kelemahannya ukuran jenis ini lebih besar ketika dipacking sehingga akan menghabiskan ruang carrier Anda. Namun, tetap ringan karena dakron sangatlah ringan mirip dengan kapas. Harganya juga biasanya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis polar.

3. Dakron dan polar

Ada beberapa brand yang saat ini membuat kantong tidur dengan bahan polar dan juga dakron. Lapisan innernya dari bahan polar dan fillingnya dari bahan dakron, lalu lapisan luar dari parasut atau sejenisnya. 

Tentu jenis satu ini sangat hangat ketika digunakan. Kantong tidur akan lebih cepat hangat karena lapisannya polar dan hawa dingin tidak akan menembus karena ada lapisan dakron didalamnya.

4. Bulu angsa (down)

Selanjutnya ada jenis bulu angsa atau down. Kantong tidur ini tidak begitu pas jika digunakan di Indonesia. Karena suhu di Indonesia tidak sedingin suhu gunung bersalju. Jenis bulu angsa ini memang dirancang untuk suhu yang ekstrem dan biasa dipakai di gunung yang bersalju.

Bulu angsa mempunyai kemampuan untuk mengembang lebih baik dari bahan polar dan bisa menahan suhu dingin yang ekstrim. Dari satu bulung angsa mempunyai ratusan hingga ribuan cabang kecil, sehingga bisa mengembang dan menjadi isolator yang bagus.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis sleeping bag. Ada banyak jenis yang bisa Anda pilih, namun tetap bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Jika Anda membutuhkan kantong tidur untuk pendakian, bisa membelinya di Bukalapak. Di sana menyediakan banyak kantong tidur dengan beragam jenis bahan dan ukuran, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Selain kantong tidur, terdapat juga banyak peralatan mendaki bagi Anda yang hobi mendaki gunung. Jika peralatan untuk mendaki semakin lengkap, maka perjalanan pun akan semakin aman dan nyaman. Bukalapak memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin berbelanja dengan cepat dan mudah. 

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Salam sukses selalu untukmu! Jangan bosan mampir di blog ini.

Diberdayakan oleh Blogger.