Ide Paket Wisata Bali untuk 4 Hari 3 Malam (4D3N)

Siapa sih yang nggak pengen liburan ke Bali? Tapi, banyak lho yang sudah sampai di Bali tapi bingung mau dateng ke tempat wisata mana aja! Termasuk aku. Itu dulu, sekarang saya sudah ada gambaran tentang paket wisata Bali yang wajib untuk di-explore. Dengan begitu, tiada hari untuk mager-mageran alias rebahan di hotel karena setiap waktu di Bali adalah berharga dan wajib dimaksimalkan.

Menyoal Bali selalu menyenangkan. Pulau Dewata ini mampu memikat setiap wisatawan untuk selalu merindukannya. Terhitung sudah dua kali saya wisata ke Bali tapi rasa bosan belum menghampiri. Tentang indahnya pantai nan pasirnya yang putih, tentang keramahan masyarakat dan atmosfer budayanya yang khas. Keindahan alam, budaya, kuliner serta kearifan lokal masyarakat terbungkus apik menjadi keunggulan Bali dibanding daerah lain.

Bali tak pernah sepi. Saking banyaknya destinasi wisata Bali, satu hari tentu tidak akan cukup. Itu sebabnya perlu untuk merencakan liburan ke Bali secara matang dengan durasi yang cukup lama.  


Paket Wisata Bali


Sebelum membahas ide paket wisata Bali, mau tidak mau harus pesan tiket pesawat + hotel dulu dong. Kalau mau hemat, Anda bisa pesan tiket pesawat + hotel sekaligus di Traveloka. Harganya jauh lebih murah dari pada pesan secara terpisah. Tinggal tentukan saja tanggal liburan, lokasi hotel, dan durasi liburan. Klik, dan akan muncul beberapa tawaran menarik yang bisa Anda pilih sesuai budget liburan.

Dipostingan ini akan memberikan rekomendasi paket wisata Bali dengan waktu liburan 4 hari 3 malam (4D3N).


Hari Pertama di Bali

Setelah tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dengan asumsi pagi hari, langsung aja menuju hotel untuk menaruh barang bawaan. Seingatku sih ojek online tidak boleh beroperasi di Bali. Sehingga Anda bisa menggunakan taxi.

Setelah check-in, langsung explore Bali hari pertama itu juga. Jangan terlalu lama istirahat di hotel agar waktu liburanmu di Bali tak terbuang sia-sia. 

Untuk menghemat transportasi di Bali sangat disarankan sewa mobil/motor sekaligus mempermudah akses ke tempat tujuan. Biasanya pihak hotel memberikan informasi tentang sewa kendaraan di Bali.

Kursi-kursi di Pantai Pandawa (Sumber: Shutterstock)

Ide liburan hari pertama adalah Pantai Pandawa. Di sana banyak olahan sea food yang bisa dipesan sekaligus untuk mengisi perut. Jangan sampai telat makan jika tidak ingin liburanmu sakit. Selanjutnya, Anda bisa ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) sekitar Jam 2 sore agar tak terlalu panas. Setelah puas di GWK, dapat lanjut ke Pura Uluwatu (Uluwatu Temple) untuk menyaksikan deburan ombak dari atas tebing. 

Tebing di Uluwatu Temple

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pertunjukan Tari Kecak khas Bali saat malam hari. Total hari pertama sudah tiga tempat wisata. Lebih dari cukup dan saatnya kembali ke Hotel.


Hari Kedua di Bali

Segera sarapan jika di hotel yang dipesan sudah termasuk sarapan (include breakfast). Pagi-pagi di Bali akan sangat sejuk jika sudah berada di Tegalalang Rice Terrace. Itu lho semacam terasering yang terbentang hijau. Udah puas mencuci mata dapat lanjut ke Pura Tirtha Empul Tampaksiring, sebuah tempat pemandian dan memohon air suci bagi Umat Hindu. Nanti makan siangnya di Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Setelah isi perut, lanjut ke Monkey Forest Ubud. Hari kedua akan berakhir di Desa Penglipuran. Sebuah desa Adat Bali yang masih teguh dengan adat istiadat. 

Desa Panglipuran Bali (sumber: Bali.com)


Hari Ketiga di Bali

Jika hari pertama dan kedua lebih bersifat wisata alam dan budaya, maka hari ketiga ini saya akan merekomendasikan tentang wahana hiburan (permainan). Waterbom Bali menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan selama di Bali. Biasanya butuh waktu sekitar 5 jam agar puas bermain di salah satu water park terbesar di Asia ini. Lanjut ke Bali Safari & Marine Park untuk melihat aneka satwa langsa dari Indonesia. Sorenya bisa menikmati sunset di Pantai Kayu Putih sembari makan di restaurant La Laguna Bali. Dikarenakan besok sudah pulang, maka malam hari ini harus dateng ke Pusat Oleh-oleh Bali seperti Krisna, Erlangga atau Jogger. Bungkus semua oleh-oleh Khas Bali seperti Pie Susu, Kopi Kintamani, Kacang Bali, dan sebagainya.

Waterbom Bali (sumber: waterbom-bali.com)


Hari Keempat di Bali

Tibalah di hari terakhir ini. Sebenarnya ini optional saja. Tergantung jadwal flight pesawatmu saja. Semisal masih ada waktu kosong, tak ada salahnya untuk ke Pantai Sanur menghirup udara pagi dengan suguhan sunrise. Makin mantap kalau sambil nyobain Nasi Ayam Men Weti. Jika sudah puas, langsung balik ke Hotel untuk persiapan check-out dan berangkat menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Sunrise Pantai Sanur (sumber: wisatania.com)

***

Nah itu tadi contoh itinerary bali 4 hari 3 malam (4D3N) yang dapat dicoba. Tinggal disesuaikan saja jika ada destinasi yang dirasa tidak menarik. Saya yakin, setiap wisatawan punya tujuan wajib yang barangkali belum tertulis di atas. Menyoal transportasi, ada baiknya memang sewa mobil/motor atau mungkin meminta bantuan saudara yang ada di Bali agar lebih hemat.

Adanya paket wisata Bali ini sesungguhnya memudahkan para wisatawan agar produktif saat liburan di Bali. Ingat, rebahan di hotel memang enak tapi balik lagi tujuan datang ke Bali adalah liburan, bukan mager-mageran.

Traveloka dulu, explore Bali kemudian!

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Salam sukses selalu untukmu! Jangan bosan mampir di blog ini.

Diberdayakan oleh Blogger.