Oppo F7: Pakar Selfie dengan Teknologi AI Beauty 2.0

Ketika disodorkan dengan Oppo F7, saya jadi bernostalgia dengan produk Oppo lain yang pernah saya pakai yaitu Oppo Neo 7. Secara rasa masih tetap sama: mewah dan unik. Oppo juga masih tetap dengan domainnya yaitu ponsel selfie (swafoto) dengan kamera beresolusi tinggi. Secara resmi, Oppo F7 sudah ada Indonesia pada 13 April 2018 atau sekitar 6 bulan setelah peluncuran Oppo F5.  

Kemunculan Oppo F7 ini makin mempertegas dirinya sebagai smartphone yang cocok bagi pecinta selfie (swafoto) dengan tagline “‘AI-powered selfie: capture the real you”. Hasil foto lebih natural, nyata, dan personal adalah keunggulan Oppo F7 dari pada para pendahulunya. Lebih dari itu, bila melihat spesifikasi Oppo sebenarnya juga mumpuni untuk aktivitas lainnya seperti games dan multimedia.


Saya kebetulan berkesempatan untuk menggunakan produk Oppo F7 selama beberapa hari. Jadi bisa dibilang apa yang saya tulis ini adalah pengalaman saat menggunakan Oppo F7. Impresi awal saat menyentuh unit ini ada kesan beda dari Oppo seri sebelumnya. Secara fisik jelas ada perbedaan dibanding Oppo F5. Awalnya sempat kaget dengan warna merahnya (Solar Red) Oppo F7 ini dan bodynya yang ramping. Ada kesan mewah dan ekskulusif yang muncul dari smartphone premium ini. Untuk lebih jelasnya, saya akan ulas menjadi beberapa bagian berikut:

DESAIN DAN LAYAR

Layar Oppo F7 berukuran 6,23 inchi dengan rasio 19:9, mirip-mirip dengan trend ponsel zaman now. Meskipun terlihat cukup besar, namun tetap nyaman dan enteng saat saya pegang dengan satu tangan karena beratnya 158 gram saja. Bodynya cukup ramping dengan dimensi fisik 156 x 75,3 x 7,8 mm.  Adapun jenis layar dipakai adalah LTPSI PS LCD dengan resolusi 2280 x 1080 FHD+ dan kerapatan 421 ppi  yang mampu menghasilkan kualitas grafis tajam dan halus. Untuk urusan grafis dan multimedia sudah tidak diragukan lagi: memuaskan. Pengguna juga tidak perlu membeli screen protector karena Oppo F7 sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sehingga membuat aman dari benturan maupun goresan.


Oppo F7 menggunakan material metal aluminium yang menimbulkan efek-efek cermin dan mengilat pada bagian belakang. Pada bagian belakang, terpasang sensor Fingerprint (rear-mounted) pada bagian tengah di atas logo Oppo. Sensor-sensor lainnya ada sensor accelerometer, proximity dan compass. Selain Solar Red, ada pilihan warna Diamond Black dan Moonlight Silver. Kebetulan saya dapat warna merah sehingga kesan elegan dan glamor bener-bener terpancar. Betah berlama-lama megang “si merah” yang jago selfie ini.

PERFORMA

Banyak yang pesimis dengan dapur pacu Oppo F7 yang menggunakan Mediatek ini. Trust me, Mediatek sudah banyak berubah lebih baik terutama di tahun 2018. Apalagi Oppo F7 menggunakan prosessor MediaTek Helio P60, prosesor baru yang sudah mendapatkan penghargaan Best of MWC 2018 dari Android Authority. Dari skor AnTutu Benchmark menghasilkan poin 138453 poin, atau hampir 2 kali lipat dari Oppo F5. Secara performa, tidak beda jauh dengan Qualcomm Snapdragon 660. GPU yang dipakai GPU Mali-G72 MP3 dengan CPU Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53). Menariknya, OS dari Oppo F7 sudah Android 8.1 (Oreo) dan ColorOS 5.0.


Tak cukup hanya di atas kertas, lantas saya pun mulai mencobanya. Saat digunakan bermain games AOV tidak ada hambatan. Semua lancar tanpa nge-lag. Layarnya juga fullscreen sehingga tidak ada bagian yang terpotong. Selain urusan selfie, untuk games juga dapat dicoba.


MEMORI DAN BATERAI

Oppo F7 memiliki RAM berkapasitas jumbo sebesar 4GB, sedangkan untuk penyimpanan internal dengan 2 pilihan, 128GB (versi RAM 6GB) dan 64 GB (versi RAM 4GB) up to 256 GB jika menggunakan slot khusus SD Card yang terpisah dengan SIM card. Sangat longgar untuk keperluan menyimpan beragam file, data dan aplikasi.



Kapasitas baterai juga cukup besar yaitu 3400 mAh. Berdasarkan pengalaman pribadi, bisa tahan satu hari untuk penggunaan normal seperti foto, games, dan sosial media. Untuk aktivitas di luar ruangan, saya rasa tidak perlu membawa powerbank atau ribet mencari colokan karena sudah termasuk irit saat digunakan.

KAMERA: Teknologi AI Beauty 2.0

Kamera depan terdapat pada bagian “poni” atas mirip-mirip dengan tampilan R15 dan iPhone X. Resolusi kamera depannya 25MP (lensa f/2.0) dengan teknologi HDR dan Artificial Intelligence (AI) Beauty 2.0. Nah, inilah yang membuatnya menarik karena teknologi yang disematkan pada Oppo F7 ini mampu mengenali 296 titik wajah, meningkat 20% dari generasi sebelumnya (OPPO F5). Inilah yang menyebabkan kemampuan mengenali wajah menjadi makin akurat. Umur, jenis kelamin, warna kulit dan jenis kulit dapat terlihat secara detail dalam sebuah foto dan hasil foto tampak cantik namun tetap natural dan personal.


Selain itu, ada beberapa fitur menarik yang layak untuk dicoba pada ponsel Oppo F7 ini. Misalnya, kemampuan facial recognition yang akurat, self-learning sesuai preferensi pengguna, mode Vivid untuk bermain saturasi warna, efek beautification yang makin keren dan masih banyak fitur lainnya yang bisa kamu explore.

Hasil selfie jadi terlihat makin instagramble. Sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sosial media. Oppo sendiri memang punya perhatian lebih pada penyuka foto selfie. Oleh karenannya, Oppo F7 menyuguhkan hasil foto beresolusi tinggi dengan exposure seimbang dengan Sensor HDR (High Dynamic Range). Kalau kata Chelsea Islan, “Fit The Real You”.

Berikut beberapa hasil foto selfie dari Oppo F7



Untuk kemera belakangnya memiliki resolusi 16MP (lensa f/1.8) dilengkapi dengan LED flash. Efek bokeh juga cukup rapi untuk sekelas kamera smartphone. Owh ya, sticker lucu dan efek-efek foto yang bisa dieksplore lebih dalam lagi. Bagi saya sendiri, kamera Oppo F7 sudah sangat worth it untuk keperluan sehari-hari. Kualitas merekam video juga sudah bagus hingga full HD (1080p). Penasaran dengan hasil kamera kamera depan? Simak foto selfie saya ini:



Pengguna juga akan dimanjakan dengan berbagai jenis konektivitas multifungsi, diantaranya microUSB 2.0 yang sudah support USB On-The-Go, Bluetooth, WLAN, Dual SIM yang mendukung koneksi internet berbasis 4G LTE, GPS dan radio FM.

KESIMPULAN

Dengan melihat spesifikasi dan pengalaman saya pribadi, Oppo F7 bisa jadi salah satu referensi dalam mencari smartphone dengan kualitas foto memuaskan dan performa powerful. Dengan harga sekitar 4 jutaan, Oppo F7 memberikan pengalaman menarik bagi pengguna khususnya dalam hal selfie. Apalagi Teknologi AI Beauty 2.0 yang diperkenalkan Oppo ini menjadi keunggulan tersendiri yang berbeda dengan smartphone lainnya. Multitasking lancar, main games tanpa lag, dan selfie memuaskan. Kurang apalagi?


Buat generasi milenial, kamu bakal envy dengan desain ponsel yang terbilang unik karena warnanya, terutama merah, membuat menarik perhatian banyak orang. Saya sendiri sudah jatuh hati dengan pilihan Solar Red. Dibawa kemana-mana sambil jeprat-jepret sana-sini nggak perlu malu lagi. Itu semua karena tampilan luarnya keren dan dalemannya yang gahar. Luar dan dalam sama-sama oke!

Kalau kamu kapan punya OPPO F7? 
Yakin cuma beli satu unit aja?

19 komentar:

  1. ngiler sama F7
    aku masih bertahan di F1S hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mbak Avy pakai Oppo juga?
      kapan upgrade oppo f7? wkwkwk

      Hapus
  2. Barusan nemenin temen yang beli F7, pengen tapi danaku gak mumpuni mas Nizam, hehe.

    BalasHapus
  3. HP terbaru dari OPPO ini makin canggih saja, bikin ngiler dan pengen segera beli

    BalasHapus
  4. Muka kusem gak masalah, yangbpenting hpnya kereen, kan nanti bisa bikin ganteng/cantik sendiri

    BalasHapus
  5. wuihh meraaahnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  6. lihat teman-teman yang ber-swapoto memnggunakan F7 ini emang hasilnya bagus dan bikin ngilerrr

    BalasHapus
  7. makasih reviewnya, makin banyak ponsel semakin bingung untuk memilih

    BalasHapus
  8. Hasilnya gambarnya wow banget, bikin naksir aja tapi sayangnya uang belum cukup buat beli hp baru hehehe...

    www.coolatmoshpeer.com

    BalasHapus
  9. Pake Oppo F7 bakalan seneng motret action figurnya mas

    BalasHapus
  10. Sexy banget desainnya. Bazelnya dikit.

    https://rifalnurkholiq.blogspot.co.id/2018/05/ketemu-sama-kenalan-baru-yang.html?m=1

    BalasHapus
  11. Kalo liat spesifikasi Oppo F7 ini jadi kepengen punya, deh..hehe

    BalasHapus
  12. nizam makin sering selfie nih kayaknya :p

    BalasHapus
  13. Nabung juga ah demi Oppo F7 ini..

    BalasHapus
  14. yang merah ini menggoda sekali warnanya...

    BalasHapus
  15. Kamera Oppo emang andalaan bangeeet, jd inget hp Oppoku yg hilang diambil copet wkwkwk semogaa ada rejeki buat bisa beli oppo F7, aamiin :D

    BalasHapus
  16. mantab tenan iki, aku pengen ganti F7, skrg pke oppo A57

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.